Pria di Pasangkayu Bunuh Ayah Kandung gegara Punya Banyak Utang

Sulawesi Barat

Pria di Pasangkayu Bunuh Ayah Kandung gegara Punya Banyak Utang

Hafis Hamdan - detikSulsel
Senin, 19 Sep 2022 23:15 WIB
Klitih Itu Apa? Pergeseran Makna di Balik SriSultanYogyaDaruratKlitih
Foto: Ilustrasi pembunuhan. (detikcom)
Makassar -

Mursalin (40), pria di Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat (Sulbar) ditangkap usai tegas membunuh ayah kandungnya inisial Y (67). Persoalannya dipicu karena utang.

Insiden tersebut terjadi di Dusun Sidodadi, Desa Pedanda, Kecamatan Pasangkayu sekitar pukul 15.00 Wita, Senin (19/9/2022). Pelaku lantas menyerahkan diri ke polisi usai melakukan pembunuhan.

"Iya (kasus pembunuhan), pelaku anak kandung korban dan menyerahkan diri setelah melakukan pembunuhan," ujar Kasat Reskrim Polres Pasangkayu IPTU Ronald Suhartawan saat dikonfirmasi, Senin (19/9).


Ronald menuturkan motif pelaku melakukan aksi pembunuhan tersebut dipicu gegara utang. Sebelum membunuh, ayah dan anak itu sempat terlibat cekcok usai keduanya pulang dari kebun memanen sawit.

"Pelaku (melakukan pembunuhan) karena kesal bapaknya banyak utang di luar," ucapnya.

Awalnya pelaku dibisiki oleh istrinya bahwa korban meminjam uang ke salah satu warga bernama Dewi. Namun uang pinjaman itu tidak diberikan, lalu pelaku yang mendengar hal itu lalu menasihati korban.

"Dinasehati jangan pinjam uang karena ini anaknya tidak punya uang untuk bayar utangnya (korban) terus," ujar Ronald.

Tidak terima dinasehati, korban lalu mengancam akan membunuh pelaku. Tak berselang lama korban dari belakang rumah membawa tombak sawit dan menusuk punggung anaknya saat duduk-duduk di depan rumah.

"Setelah dinasehati ini ayahnya tusuk pake tombak sawit anaknya. Anaknya kaget langsung ambil parang. Dia tebas bagian punggung dan paha," tambahnya.

Ronald menyebut setelah korban tewas, pelaku lalu menyuruh istrinya mengambil sepeda motor. Pelaku meninggalkan korban yang bersimbah darah menuju kantor polisi untuk menyerahkan diri.

"Setelah istrinya (pelaku) datang bawa motor, dia langsung ke Polres Pasangkayu menyerahkan diri," pungkasnya.



Simak Video "Gegara Warisan, Anak Bunuh Ayah di Majalengka"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/asm)