Sulawesi Utara

Unsrat Ultimatum Wisudawan Viralkan Pungli Beri Bukti atau Dipolisikan

Trisno Mais - detikSulsel
Sabtu, 25 Jun 2022 13:06 WIB
Viral wisudawan kritik Unsrat marak pungli (Dok. Istimewa)
Foto: Viral wisudawan kritik Unsrat marak pungli (Dok. Istimewa)
Manado -

Rektorat Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado meminta wisudawan yang membuat kritik marak pungutan liar atau pungli saat acara wisuda segera memberikan bukti. Unsrat memberi ultimatum akan melakukan upaya hukum jika wisudawan tersebut tak bisa memberikan bukti terkait kritikannya.

"Kami sudah konsultasi dengan pihak kepolisian, ini bukan pelecehan ini penistaan institusi, maka pasal 310 dan 311 KUHP. Kecuali dibuktikan bahwa di Unsrat itu 11 fakultas, 1 Pascasarjana, 1 kantor pusat dan 3 lembaga ada korupsi," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Ronny Gosal kepada detikcom, Sabtu (25/6/2022).

Gosal mengatakan pihaknya keberatan karena wisudawan itu tak kunjung membuktikan tudingannya. Wisudawan tersebut bahkan tidak pernah memberikan keterangan resmi kepada rektorat.


Padahal sejak Mei 2022 lalu, rektor sudah mengundang untuk memberikan keterangan. Namun Gosal menuding yang bersangkutan tidak pernah hadir.

"Kami sudah menunggu sampai tanggal 30 Mei, sesuai permintaannya datang menjelaskan semua kepada rektor dan wakil-wakil rektor. Sampai jam ditentukan jam 2, dia tidak datang," ujarnya.

Gosal menegaskan ada beberapa pimpinan fakultas yang merasa tersinggung atas tuduhan itu. Seperti di Fakultas Teknik Unsrat yang telah mendapatkan pengakuan legitimasi dari kementerian satu-satunya fakultas yang pertama di Sulut yang telah melaksanakan zona integritas. Mereka meminta agar wisudawan itu harus diproses hukum.

"Tersinggung sekali dekannya. Mereka minta buktikan mana pungli di Fakultas Teknik," katanya.

Sebelumnya diberitakan, seorang wisudawan Unsrat Manado mengkritik pungli dengan selembar kertas bertuliskan Unsrat masih banyak pungli. Akibatnya wisudawan itu dipanggil menghadap pada pekan depan.

Dilihat detikcom dalam video beredar, Kamis (26/5), acara wisuda itu dilaksanakan di Auditorium Unsrat Manado pada Rabu (25/5). Terlihat para wisudawan yang hadir di lokasi.

Selanjutnya tampak masing-masing wisudawan dipanggil satu persatu untuk datang ke depan. Para wisudawan juga secara bergantian berdiri di depan rektor untuk melakukan prosesi wisuda seperti memindahkan tali toga wisudawan oleh rektor.



Simak Video "Viral Aksi Wisudawan Unsrat Manado Ungkap Banyak Pungli di Kampus"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/tau)