Taspen & Bank Kalsel Salurkan Dana Pensiun ASN di Kalimantan Selatan

Taspen & Bank Kalsel Salurkan Dana Pensiun ASN di Kalimantan Selatan

Arief Budiman - detikSulsel
Jumat, 09 Sep 2022 18:59 WIB
Taspen dan Bank Kalsel Salurkan Dana Pensiun ASN
Foto: Taspen
Jakarta -

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (TASPEN Persero) memberikan kemudahan para pesertanya melalui kerja sama dengan beberapa mitra bayar. Kali ini, PT Taspen melakukan penandatanganan kerja sama (PKS) dengan Bank Kalsel untuk menjadi mitra pembayaran manfaat resmi peserta Taspen khususnya untuk wilayah Kalimantan Selatan.

Adapun penandatanganan kerja sama ini dilakukan oleh Direktur Operasional Taspen Ariyandi, Direktur Utama Bank Kalsel Hanawijaya dan Branch Manager TASPEN KC Banjarmasin Valentino Situmorang.

Taspen terus berkomitmen dalam memudahkan para pesertanya untuk melakukan klaim manfaat pensiunannya. Hal ini bisa terjadi karena adanya kerja sama mitra bayar dengan Bank Kalsel ini merupakan inisiatif Taspen dalam memberikan kemudahan dan meningkatkan kenyamanan melakukan klaim, khususnya di wilayah Kalimantan Selatan.


"Kami yakin bahwa Bank Kalsel dapat memberikan layanan yang setara dengan Taspen dan memberikan perhitungan manfaat yang amanah karena seluruh data peserta pensiunan telah diintegrasikan dengan sistem Taspen Online. Ke depan, kami berharap dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan bagi para peserta melalui kerja sama dengan mitra bayar lain di seluruh Indonesia," ujar Direktur Operasional Taspen Ariyandi dalam keterangan tertulis, Jumat (9/9/2022).

Selain itu, Taspen menargetkan penyaluran pensiunan senilai Rp 462 miliar untuk 167.748 peserta pensiunan khusus di wilayah Kalimantan tahun ini. Dengan kerja sama ini, Taspen kini telah memiliki 300 mitra bayar resmi. Seluruh mitra bayar resmi Taspen dipastikan dapat mengakomodasi seluruh layanan pada Kantor Resmi Taspen, antara lain untuk pembayaran program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun, Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi ASN, dan Pejabat Negara.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Kalsel Hanawijaya berikan apresiasi kepada PT Taspen atas kepercayaannya kepada Bank Kalsel yang telah menjadi mitra bayar resmi Taspen. Hal tersebut berkaitan dengan penyaluran manfaat bagi pensiunan ASN, Bank Kalsel membuka layanan khusus pengurusan klaim peserta Taspen mulai pukul 7 pagi pada tanggal 1-5 setiap bulannya.

"Bank Kalsel juga berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan optimal kepada peserta Taspen, antara lain dengan mempersilahkan para peserta pensiunan untuk datang ke Bank Kalsel dan nantinya para teller atau customer service kami yang akan langsung datang melayani para pensiunan di kursi mereka. Kami berharap, dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan Kami agar sesuai dengan arahan dari Taspen," kata Hanawijaya.

Saat ini, data peserta yang digunakan mitra bayar resmi untuk keperluan validasi klaim data peserta telah terintegrasi dengan sistem Taspen online pusat. Hal ini guna mencegah kekeliruan dan potensi penyimpangan data peserta Taspen, sehingga dapat memberikan manfaat dan hak sesuai dengan masa bakti para peserta pensiunan.

Branch Manager Taspen Banjarmasin Valentino Situmorang mengatakan Taspen senantiasa amanah dalam menyalurkan pembiayaan kepada para pensiunan dan kami meningkatkan pelayanan tersebut dengan melakukan kerjasama antara Taspen dan Bank Kalsel. Dengan begitu, kami berharap Aparatur Sipil Negara dan Pejabat Negara dapat merasakan kemudahan dalam mengambil uang pensiun, khususnya di wilayah Kalimantan Selatan.

PT Taspen berkomitmen untuk mendistribusikan seluruh hak dan manfaat Peserta Taspen melalui pelayanan yang andal dan optimal. Komitmen tersebut diwujudkan melalui berbagai peluncuran program inovatif dan beragam kolaborasi bersama mitra bayar resmi di seluruh Indonesia yang memungkinkan para pensiunan untuk melakukan enrollment, otentikasi, pengembalian SPTB dan permintaan informasi lainnya dengan lebih mudah.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Koordinator Konsumer Bank Kalsel Cabang Jakarta Arya Windra Akbar dan Kepala Koordinator Dana Bank Kalsel Cabang Jakarta Muhammad Rachmani. Acara ini menerapkan protokol kesehatan yang dilaksanakan di Gedung PT TASPEN (Persero).



Simak Video "Eks Dirut Taspen Life Jadi Tersangka Korupsi Pengelolaan Dana Investasi"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)