Sulawesi Utara

Pedagang Pernak-pernik Kemerdekaan di Manado, Ada yang Datang dari Bandung

Trisno Mais - detikSulsel
Jumat, 12 Agu 2022 21:33 WIB
Pedagang pernak-pernik kemerdekaan di Manado, Sulut.
Foto: Pedagang pernak-pernik kemerdekaan di Manado, Sulut. (Trisno Mais/detikcom)
Manado -

Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-77, pedagang musiman pernak-pernik kemerdekaan di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) cukup ramai. Bahkan, ada pedagang yang sengaja datang dari Pulau Jawa untuk menjajakan dagangannya.

Pantauan detikcom di Jalan Ahmad Yani, Jumat (12/8/2022), tampak sejumlah pedagang membuka lapak mereka di pinggir jalan. Pernak-pernik kemerdekaan terlihat menghiasi sepanjang jalan tersebut.

Para pedagang terlihat aktif berjualan. Setiap pengendara yang lewat ditawari bendera, umbul-umbul, dan pernak-pernik lainnya, termasuk souvenir perayaan Kemerdekaan RI.


Salah satu pedagang tersebut ialah Rizal. Pedagang musiman pernak-pernik kemerdekaan ini sengaja datang dari Bandung, Jawa Barat (Jabar) untuk menjual beragam pernak-pernik kemerdekaan, seperti bendera merah putih.

"Jualan di Manado senang, karena bagus penghasilannya. Lumayan omzetnya," kata Rizal, saat ditemui detikcom, Jumat (12/8).

Rizal mengatakan, tahun ini merupakan kali keduanya menyasar Kota Manado untuk berdagang. Untuk tahun ini dia mengaku mendapatkan keuntungan lebih besar dibanding tahun sebelumnya.

Saat ini, kata dia, omzet penjualannya sehari bisa mencapai Rp 600 ribu. Omzet ini disebutnya naik sekitar 30 persen dari penjualan tahun sebelumnya.

Rizal mengaku senang bisa berdagang di Manado. Selain omzetnya mengalami peningkatan, pembeli di Manado dinilainya baik dan ramah.

"Orang Manado bagus orangnya, ramah-ramah," kata dia.

Dalam momentum HUT Kemerdekaan RI ini, Rizal mengungkapkan warga paling banyak mencari bendera merah putih. Di urutan kedua biasanya warga mencari umbul-umbul pelengkap.

Rizal mengatakan untuk harga pernak-pernik dijual bervariasi, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 300.000-an. Namun harga tersebut bergantung dari bahan dan ukurannya.

"Yang dijual itu ada bendera merah putih, umbul-umbul, background dan pernak-pernik yang kecil untuk dipasang di mobil dan motor," pungkasnya.



Simak Video "Serunya Perayaan HUT RI di Tabanan, Ada Sepeda Hias 'Tank Tempur'"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/sar)