Kementerian PUPR Kucurkan Rp 227,3 M Perbaiki Jalur Gowa-Takalar-Jeneponto

Taufik Hasyim - detikSulsel
Rabu, 23 Mar 2022 18:00 WIB
Pengaspalan Jalan Malang-Blitar Dikebut
Ilustrasi pengaspalan jalan. (Foto: Muhammad Aminudin/detikcom)
Makassar -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) menganggarkan Rp 227,3 miliar untuk penanganan ruas Jalan Sungguminasa (Gowa)-Takalar-Jeneponto di Sulawesi Selatan (Sulsel). Proyek ini sudah masuk tahap tender di LPSE PU.

Berdasarkan situs resmi LPSE PU yang diakses detikSulsel, Rabu (23/3/2022), tender saat ini memasuki tahap evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis dan harga. Ada 161 perusahaan yang bersaing ikut lelang.

Pengumuman pemenang tender paket preservasi jalan ini dijadwalkan 31 Maret atau 1 April 2022. Kemudian penandatanganan kontrak pada 8-12 April 2022.


Gubernur Sulsel Andi Sudirman menyambut baik rencana Kementerian PUPR melakukan perbaikan jalur di selatan Sulsel tersebut.

"Tahun lalu kita sudah kordinasikan ke Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN). Alhamdulillah tahun ini sementara lelang," ungkap Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dalam keterangan yang diterima, Rabu (23/3).

Andi Sudirman menuturkan pembangunan jalan ini akan memperlancar akses ke wilayah Sulsel di bagian selatan. Pemprov Sulsel selama ini intens membangun dan menangani ruas jalan yang bisa membawa dampak ke pertumbuhan ekonomi.

"Kita tentu berterima kasih kepada Presiden, Bapak Jokowi melalui Menteri PUPR, Bapak Basuki Hadimuljono," bebernya.

Pihaknya juga berencana mengusulkan sejumlah ruas jalan lain untuk mendapat kucuran dana pusat. Salah satunya akses yang menghubungkan Maros-Bone. Juga akses Maros-Parepare.

"Kita akan bersurat ke Kementerian PUPR lagi untuk usulan jalan nasional ruas Maros-Bone karena sering terjadi kemacetan parah, serta ke arah Maros-Parepare," tandasnya.



Simak Video "Aksi Brutal Geng Motor di Gowa, 1 Pemuda Terkena Busur"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/nvl)