2 Pria di Palopo Selundupkan 7 Ton Solar ke Morowali Ditangkap

2 Pria di Palopo Selundupkan 7 Ton Solar ke Morowali Ditangkap

Rachmat Ariadi - detikSulsel
Jumat, 20 Jan 2023 14:16 WIB
Pelaku penyelundupkan BBM subsidi di Palopo.
Foto: Pelaku penyelundupan BBM subsidi di Palopo. (Rachmat Ariadi/detikSulsel)
Palopo -

Dua pria di Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel) ditangkap saat hendak menyelundupkan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar ke sebuah perusahaan di Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng). Dari tangan kedua pelaku, polisi menyita 7 ton solar.

"Jadi 2 pelaku ini kami amankan saat hendak menyelundupkan BBM Solar, mengangkutnya menggunakan mobil truk," kata Kapolres Palopo AKBP Safi'i Nafsikin kepada detikSulsel, Jumat (20/1/2023).

Kedua pelaku yang diamankan masing-masing berinisial SF (37) dan SD (33). Keduanya diamankan di Kelurahan Mancani, Kecamatan Telluwanua Kota Palopo, Kamis (19/1).

"Cuma satu truk. Isinya ada 240 jeriken dengan berat 7 ton, jadi rencana mereka mau bawa ke beberapa perusahaan Morowali," ungkapnya.

Dari keterangan pelaku, BBM bersubsidi tersebut didapatkan dari salah satu SPBU di Kabupaten Bone. Mereka sudah tiga kali mengangkut BBM bersubsidi tersebut ke Morowali selama Januari 2023 ini.

"Kalau dari pengakuan pelaku, dia ambil BBM ini di Bone, sementara kami dalami dan melakukan pengembangan ke perusahaan-perusahaan Morowali yang menerima BBM bersubsidi ini," ucapnya.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dikenakan UU No. 11 Pasal 40 tahun 2020 yang mengubah ketentuan UU No 22 pasal 55 tahun 2021 tentang minyak gas dan bumi, dengan ancaman 6 tahun penjara dan denda Rp 60 miliar.

"Penangkapan ini berhasil dilakukan berkat kerja keras tim di lapangan, jadi apabila ada informasi yang berkaitan dengan penyalahgunaan BBM, silahkan segera dilaporkan ke kepolisian setempat," tandas Safi'i.



Simak Video "Polres Palopo Gagalkan Penyelundupan 7,6 Ton Solar Subsidi!"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/asm)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT