BMKG Makassar Prediksi Sulsel Dilanda Cuaca Ekstrem hingga Akhir November

BMKG Makassar Prediksi Sulsel Dilanda Cuaca Ekstrem hingga Akhir November

Ulfa Rizkia A - detikSulsel
Jumat, 18 Nov 2022 13:02 WIB
Ilustrasi angin kencang
Foto: Dok. detikcom
Makassar -

Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geosifika (BMKG) Wilayah IV Makassar memprediksi cuaca ekstrem masih akan terjadi di seluruh wilayah Sulawesi Selatan hingga akhir November mendatang. Hujan dari intensitas sedang hingga lebat diprakirakan mengguyur wilayah Sulsel.

"Analisis kami untuk sepekan ke depan wilayah sulsel masih berpotensi hujan ringan hingga lebat yang bervariasi untuk waktu dan daerahnya. Masanya itu juga di wilayah Sulsel bagian Utara, terus Timur terus Barat jadi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ini masih cukup banyak di wilayah Sulsel untuk satu pekan ke depan sampai akhir November," jelas Plh. Sub Koordinator Pelayanan Jasa BMKG Wilayah IV Makassar, Rizky Yudha kepada detikSulsel, Jumat (17/11/2022).

Rizky menjelaskan potensi hujan sedang hingga lebat ini tersebar secara merata di seluruh wilayah Sulsel. Khusus Kota Makassar cuaca ekstrem masih berlangsung dalam durasi singkat namun perlu diwaspadai.


"Cuaca ektrem hujan sedang hingga lebat ini hampir merata di wilayah sulsel tapi untuk waktu yang berbeda-beda. Di Kota Makassar sendiri masih mewaspadai hujan ekstrem berdurasi singkat tapi disertai kilat dan petir maupun angin kencang," tambahnya.

Rizky juga mengatakan agar masyarakat Sulsel waspada terhadap potensi bencana alam hidrometeorologi. Adapun yang dimaksud dengan bencana hidrometeorologi adalah bencana yang diakibatkan oleh aktivitas cuaca seperti siklus hidrologi, curah hujan, temperatur, angin dan kelembapan. Bentuk bencana hidrometeorologi berupa kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, longsor, angin puyuh, gelombang dingin, hingga gelombang panas.

"Jadi masyarakat di wilayah sulsel ini masih perlu mewaspadai potensi hujan ringan dan sedang yang dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti itu untuk satu pekan ke depan," pungkasnya.



Simak Video "Potensi Cuaca Ekstrem Hingga Langkah Antisipasi BNPB"
[Gambas:Video 20detik]
(alk/hmw)