4 Titik Sampah Berserakan di Palopo Dibersihkan, Tak Lama Kotor Lagi

4 Titik Sampah Berserakan di Palopo Dibersihkan, Tak Lama Kotor Lagi

Arzad - detikSulsel
Selasa, 01 Nov 2022 22:00 WIB
Pantauan sampah di Palopo, Sulsel.
Foto: Sampah berserakan di Jalan Akhmad Razak, Kelurahan Panjalesang, Palopo, Sulsel. (Arzad/detikSulsel)
Palopo -

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel), penuhi janji bersihkan sampah berserakan di 4 titik. Namun masih ada sejumlah wilayah di antaranya yang kembali dipenuhi tumpukan sampah.

"Sudah dibersihkan tadi malam sekitar jam 11 kalau tidak salah itu saya lewat," kata Sarwan, warga Takkalala kepada detikSulsel, Selasa (1/11/2022).

Empat titik tumpukan sampah itu sebelumnya tersebar di Kelurahan Panjalesang, Kecamatan Wara dan Kelurahan Takkalala, Kecamatan Wara Selatan. Namun masih ada tumpukan sampah di Jalan Ahmad Razak, Kelurahan Panjalesang.


Sarwan berdalih sampah tersebut baru dibuang warga sekitar pada pagi harinya. Sementara pihaknya sudah membersihkan tumpukan sampah pada malam harinya.

Pantauan sampah di Palopo, Sulsel.Foto: Sampah di wilayah Kelurahan Takalala, Palopo, yang sempat terpantau dipenuhi sampah kini sudah dibersihkan. (Arzad/detikSulsel)

"Kalau ini masih baru, tadi pagi dibuang sama warga daerah sini ji tapi sampah yang menumpuk kemarin itu sudah diangkut semua pakai armada DLH yang warna oranye itu," tuturnya.

Sarwan juga tidak menampik sampah dibiarkan menumpuk 1-2 hari. Setelahnya petugas kebersihan baru datang mengangkut sampah tersebut.

"Biasanya paling lama itu 1 kalau bukan 2 hari diangkut mi, tapi ini tadi malam 3 hari kayaknya baru datang diangkut itu (sampah) tidak biasanya juga itu lambat datang," ungkap Sarwan.

Sementara, Kepala Bidang Kebersihan DLH Palopo mengatakan untuk sampah yang masih berserakan, pihaknya akan segera mengangkut sampah tersebut.

"Iye nanti Insya Allah," kata Kabid Kebersihan DLH Palopo Asnawi Sari yang dikonfirmasi terpisah.

Asnawi menuturkan pihaknya masih terhambat dengan kondisi jalan yang masih padat kendaraan macet akibat putusnya jembatan di Kelurahan Rampoang, Kecamatan Bara, Palopo.

"Susah juga ini kita karena biasanya itu paling lama 1 jam kita sudah selesai tapi karena ini musibah kita juga tidak minta-minta toh jadi biasa makan waktu 3 sampai 4 jam menunggu baru bisa lewat," imbuh Asnawi.

Pantauan Sampah di Empat Titik

Sebelumnya diberitakan, sampah di Kota Palopo, dibiarkan berserakan pada empat titik. Akibatnya, sampah itu mengeluarkan bau tidak sedap karena lama dibiarkan tanpa diangkut ke tempat pembuangan akhir.

Pantauan detikSulsel di lokasi, Senin (31/10) pukul 12.05 Wita, 4 titik sampah berserakan tersebut tersebar pada 2 kelurahan yakni Kelurahan Panjalesang, Kecamatan Wara dan Kelurahan Takalala, Kecamatan Wara Selatan. Dua titik sampah berserakan di Kelurahan Panjalesang berada di Jalan Ahmad Razak.

Sampah tersebut terdiri dari limbah rumah tangga seperti kardus, popok bayi, gelas air hingga kantong plastik. Tercium aroma tak sedap di lokasi.

Selanjutnya dua titik sampah berserakan di Kelurahan Takalala berada tepat di depan kantor Kelurahan dan Puskesmas Wara Selatan. Satu titik lainnya berada dekat pinggiran sungai.

"Kalau dibiarkan itu justru nanti akan makin tambah tidak baik apa lagi masih musim hujan. Kalau tiap hari dikena sama air bisa tambah bau ji itu apa (sampah), jadi baiknya rutin diangkut," kata warga Takalala, An'am saat ditemui wartawan di lokasi.



Simak Video "Ricuh Pemilihan BEM IAIN Palopo, Kampus Dirusak-Polisi Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/sar)