18 Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan dan Penjelasannya

18 Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan dan Penjelasannya

Urwatul Wutsqaa - detikSulsel
Kamis, 27 Okt 2022 00:01 WIB
Cropped shot of an unrecognizable businesswoman sitting alone and typing on her laptop during the day at home
Foto: iStock
Makassar -

Teks eksposisi adalah sebuah jenis tulisan yang berisi penjelasan tentang suatu informasi atau pengetahuan. Dalam keseharian, biasanya kita bisa dengan mudah menemukan teks eksposisi di berbagai media digital, surat kabar, majalah, dan sebagainya.

Biasanya teks eksposisi ditulis dalam berbagai tema, seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lain sebagainya. Teks eksposisi berisi penjelasan mengenai suatu topik yang dibahas secara padat, singkat, jelas, dan akurat.

Dalam penulisan teks eksposisi, juga sering kali disertai pendapat dari penulis dan berisi penilaian, dorongan, atau ajakan-ajakan tertentu kepada pembaca.


Salah satu teks eksposisi yang cukup sering ditemui adalah dengan tema kesehatan. Pada teks eksposisi bertema kesehatan, penulis biasanya menuliskan ajakan menjaga kesehatan, menerapkan pola makan yang sehat, ataupun peringatan terhadap suatu hal yang berbahaya bagi kesehatan.

Struktur Teks Eksposisi

Sebelum membahas lebih jauh mengenai teks eksposisi, ada baiknya jika pembaca memahami struktur yang terdapat dalam teks eksposisi. Struktur ini menjadi hal yang membedakan teks eksposisi dengan jenis teks lainnya.

Berikut ini struktur yang terdapat dalam teks eksposisi:

1. Tesis (Pernyataan Pendapat)

Tesis merupakan bagian awal dari sebuah teks eksposisi sekaligus menjadi pembuka. Bagian tesis pada teks eksposisi berfungsi sebagai pengantar yang menyajikan pengenalan isu, masalah, gagasan utama, serta pandangan penulisan tentang topik yang dibahas.

Bagian tesis merupakan pernyataan pendapat yang disampaikan penulis. Oleh karena itu, penulisan harus menentukan tujuan teks eksposisi terlebih dahulu sebelum menulis tesis.

2. Argumentasi

Struktur selanjutnya dari teks eksposisi adalah argumentasi. Bagian argumentasi merupakan penjelasan dari tesis yang telah disampaikan sebelumnya.

Pada bagian ini, penulis akan mengemukakan pendapat berupa alasan yang logis, informasi dari hasil temuan, fakta-fakta, serta pernyataan para ahli.

3. Reorientasi

Reorientasi atau penegasan ulang merupakan struktur terakhir dari sebuah teks eksposisi. Bagian ini berisi penegasan sekaligus kesimpulan serta saran terkait permasalahan yang dibahas dalam teks eksposisi.

Setelah mengetahui struktur teks eksposisi, pembaca akan lebih mudah memahami perbedaan antara teks eksposisi dengan jenis teks lainnya. Dengan memahami struktur teks eksposisi, seseorang akan lebih mudah menganalisa maksud dan tujuan dari sebuah teks eksposisi.

Contoh Teks Eksposisi

Contoh teks eksposisi bisa menjadi referensi agar seseorang bisa memahami cara menulis teks eksposisi dengan baik dan benar. Bagi yang ingin menulis teks eksposisi yang mengangkat tema kesehatan, beberapa contoh di bawah ini bisa menjadi referensi.

Berikut ini beberapa contoh teks eksposisi tema kesehatan beserta penjelasannya yang telah dirangkum detikSulsel dari berbagai sumber:

1. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Mata

Tesis:

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting dan mudah rusak apabila kita tidak menjaga kesehatannya. Salah satu cara menjaga kesehatan mata adalah mengkonsumsi wortel. Wortel mengandung berbagai nutrisi yang berguna bagi kesehatan mata seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B1, karbohidrat, protein, mineral, kalsium, zat besi dan kandungan lainnya.

Argumentasi:

Manfaat yang terkandung dalam wortel itu bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi wortel secara langsung, diolah menjadi makanan, atau membuat jus dari wortel. Selain baik bagi kesehatan mata, wortel juga bermanfaat untuk mencegah kanker, rabun senja dan manfaat lainnya.

Reorientasi:

Bisa kita simpulkan bahwa manfaat yang terdapat dalam wortel tersebut mudah kita dapatkan, kita bisa mengonsumsinya dengan harga yang cukup murah. Jadi apabila kita ingin menjalankan hidup sehat, kita bisa memulainya dengan hal-hal kecil dan tidak perlu mahal.

2. Contoh Teks Eksposisi Tentang Pentingnya Olahraga

Tesis:

Olahraga merupakan kegiatan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dengan melakukan olahraga, kita bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar serta terhindar dari berbagai macam penyakit. Berbeda dengan orang yang jarang melakukan olahraga, mereka akan lebih mudah terserang penyakit karena daya tahan tubuh mereka rendah.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat kita melakukan olahraga, salah satunya adalah memperhatikan apakah kita memiliki penyakit riwayat jantung atau tidak. Karena seseorang yang memiliki penyakit riwayat jantung, akan lebih rentan jika melakukan aktivitas olahraga, khususnya olahraga yang berat.

Argumentasi:

Olahraga memiliki banyak jenis dan macam yang bisa anda jadikan pilihan. Seperti olahraga lari, push up, sit up atau jenis olahraga lainnya. Sehingga kita tidak akan bosan karena bisa melakukan berbagai macam olahraga tidak hanya satu saja. Selain itu, manfaat lain olahraga adalah suasana hati seseorang menjadi lebih senang. Karena pada saat kita berolahraga, beban pikiran kita akan menjadi lepas.

Olahraga sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita tekanan darah tinggi. Karena dengan berolahraga pembuluh darah yang tadinya menyempit dan membuat aliran darah tidak lancar, bisa menjadi lancar dengan melakukan aktivitas olahraga secara teratur. Selain itu kesehatan jantung juga akan terjaga, namun harus diperhatikan apakah jantung anda dalam kondisi yang baik untuk berolahraga.

Reorientasi:

Olahraga memang memiliki sejuta manfaat, tetapi kita juga harus tau bagaimana kondisi tubuh kita. apakah kita mampu berolahraga atau tidak. Manfaat dari olahraga juga beragam seperti bisa meningkatkan mood seseorang menjadi baik hingga bisa menghindarkan seseorang dari terserang berbagai macam penyakit.

3. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Tubuh dengan Mengkonsumsi Buah

Tesis:

Menjaga kesehatan tubuh memang penting, karena apabila kesehatan kita terganggu aktivitas sehari-hari kita juga bisa terganggu. Salah satu cara menjaga kesehatan tubuh kita, bisa dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Argumentasi:

Salah satu buah yang bisa kita konsumsi adalah alpukat. Buah yang satu ini memiliki banyak manfaat, tetapi tidak disarankan bagi anda yang menderita penyakit kolesterol. Manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah alpukat ini adalah menjaga kesehatan jantung, mencegah diabetes, menjaga kesehatan kulit dan berbagai macam manfaat lainnya.

Buah ini memiliki banyak manfaat, karena di dalamnya juga terdapat banyak kandungan yang baik bagi tubuh. Kandungan yang terdapat dalam buah alpukat antara lain adalah vitamin E, vitamin C, kalium, sumber antioksidan, lemak tak jenuh tunggal, asam, omega 9, folat, pitosterol dan berbagai macam kandungan lainnya.

Selain baik untuk kesehatan, buah ini juga bisa kita konsumsi pada saat kita diet. Lemak yang terdapat di dalam buah alpukat bisa menjadi cadangan energi yang bisa bertahan lama. Sehingga perut kita akan terasa kenyang lebih lama dan bisa menekan nafsu makan.

Reorientasi:

Dengan banyaknya manfaat yang terkandung di dalam buah alpukat, kita bisa mengonsumsinya sebagai pengganti buah yang lain agar tidak bosan. Kita bisa langsung mengonsumsinya atau bisa juga dengan menjadikannya jus alpukat.

4. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan yang Singkat

Tesis:

Pare merupakan buah yang memiliki sifat sayuran dan terkenal dengan rasanya yang khas yaitu pahit. Namun tanaman ini juga kaya akan manfaatnya yang baik bagi kesehatan karena terkandung banyak zat yang baik bagi tubuh. Pare biasanya dikonsumsi dalam bentuk masakan, rebusan, suplemen bahkan diolah menjadi teh.

Argumentasi:

Pare terkenal dengan manfaatnya yang bisa menurunkan gula darah tubuh, sehingga baik untuk seseorang yang menderita diabetes. Pare bisa menurunkan gula darah tubuh, karena di dalam pare terkandung insulin yang membantu membawa glukosa ke dalam sel yang berguna untuk sumber energi tubuh.

Selain mengandung insulin, pare juga mengandung berbagai vitamin, mineral dan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Pare juga bisa membantu sel memindahkan glukosa ke hati,otot, dan lemak serta mengelola kadar gula darah dengan baik.

Reorientasi:

Namun, dibalik banyaknya manfaat yang diberikan pare juga memiliki efek samping. Efek sampingnya antara lain diare, muntah, dan masalah usus. Efek samping ini akan muncul apabila pare bercampur dengan obat lain untuk mengubah keefektifannya.

5. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Daun Sirih

Tesis:

Sirih merah merupakan obat tradisional yang sering digunakan oleh orang zaman dulu. Tumbuhan rumahan ini di budidayakan oleh masyarakat, untuk digunakan sebagai persediaan obat-obatan tradisional.

Argumentasi:

Telah dilakukan beberapa penelitian yang menyatakan bahwa tumbuhan tersebut sering digunakan sebagai obat untuk penyakit diabetes, maag dan juga kanker. Selain itu, sirih merah juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan keputihan pada area kewanitaan perempuan.

Biasanya masyarakat mengambil manfaat dari daunnya, kemudian daun tersebut akan diolah dengan direbus. Sirih merah dapat dijadikan obat tradisional, karena di dalamnya terdapat kandungan polifenol, minyak atsiri, eugenol dan kandungan lainnya.

Reorientasi:

Bisa kita simpulkan bahwa sirih merah mampu menyembuhkan beberapa penyakit secara tradisional. Karena pada dasarnya rakyat Indonesia dari zaman dulu memang memanfaatkan obat tradisional untuk menyembuhkan penyakitnya. Karena terdapat kandungan-kandungan yang berguna bagi kesehatan manusia, sirih merah menjadi tanaman yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

6. Contoh Teks Eksposisi Definisi Tentang Kesehatan

Tesis:

Pisang merupakan buah yang menjadi favorit semua orang untuk dikonsumsi. Rasanya yang manis ini membuat orang suka akan rasanya. Pisang umumnya tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis, sehingga tanaman yang satu ini banyak tumbuh di Negara Indonesia.

Argumentasi:

Tanaman ini memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, salah satunya adalah bisa menangkal radikal bebas. Tanaman ini bisa langsung dikonsumsi atau diolah menjadi berbagai macam makanan seperti keripik, kue, atau dijadikan jus. Manfaat yang terkandung di dalam pisang juga beragam seperti vitamin dan mineral.

Tanaman pisang juga bisa diolah dari buah hingga jantung pisang. Daun pisang bisa digunakan sebagai pembungkus makanan, buah pisang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dan jantung pisang juga bisa dimasak karena mengandung flavonoid yang bermanfaat bagi tubuh. Da juga hati pisang yang bisa dikonsumsi.

Reorientasi:

Dengan melimpahnya manfaat yang diberikan tanaman pisang, kita bisa memanfaatkannya mulai dari daun, buah, batang, jantung hingga hati pisang. Tidak sulit bukan untuk memulai hidup sehat, dengan mengkonsumsi pisang saja anda bisa mendapat banyak manfaat bagi kesehatan anda.

7. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Gigi

Tesis:

Menjaga kesehatan area mulut terutama gigi merupakan hal yang penting. Karena apabila kita mengalami sakit gigi, tentu akan membuat tidak nyaman. apalagi jika sakit gigi yang kita alami tergolong sakit gigi berat dan bisa berdampak pada nafsu makan, terganggunya istirahat dan bisa mengakibatkan pusing hingga daya tahan tubuh menurun.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi sangatlah penting karena lebih baik mencegah daripada mengobati bukan. Lebih baik kita menjaga kesehatan gigi kita sebelum terjadinya kerusakan dan menimbulkan rasa sakit yang bisa membuat aktivitas kita terganggu.

Argumentasi:

Sejak dari kecil kita sudah diajari oleh orang tua kita dan di sekolah bahwa menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang penting. Sebetulnya tidak sulit untuk menjaga kesehatan gigi, asal kita bisa disiplin dan rutin untuk merawatnya. Langkah sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan menggosok gigi kita 2 hingga 3 kali sehari.

Hal ini pasti bukan hal yang asing untuk dilakukan bukan? Namun kadang kita suka lupa untuk melakukannya atau malas, dan karena hal itulah yang bisa merusak gigi kita. Waktu yang baik untuk sikat gigi adalah pada saat pagi hari saat bangun tidur, siang hari dan malam hari sebelum tidur.

Memilih sikat gigi yang pas juga penting, karena sikat gigi yang nyaman akan membuat kita tidak malas untuk melakukannya. Setiap orang memiliki struktur mulut dan gigi yang berbeda-beda, sehingga jenis sikat gigi yang dibutuhkan juga berbeda. Pasta gigi juga harus dipilih yang dirasa tepat untuk gigi anda, anda bisa meminta saran dokter untuk memilih pasta gigi yang cocok untuk kondisi gigi anda.

Lalu langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah memeriksa gigi anda setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi. Manfaat anda memeriksakan gigi ke dokter adalah untuk membersihkan karang gigi yang tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi. Sekarang sudah tersedia fasilitas kesehatan gigi yang tidak dipungut biaya, sehingga biaya dokter yang biasanya mematok harga yang mahal tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Reorientasi:

Kesehatan gigi merupakan hal yang penting untuk kita jaga. Karena setiap hari pasti kita menggunakan gigi untuk mengunyah makanan yang diperlukan untuk tubuh. Apabila kesehatan gigi kita terganggu, maka kesehatan tubuh kita juga bisa terganggu karena kurangnya asupan makanan yang diterima tubuh dan berdampak pada tubuh kita akan rentan terserang penyakit.

8. Contoh Teks Eksposisi Tentang Manfaat Lidah Buaya bagi Kesehatan

Tesis:

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman lidah buaya? Tanaman yang berbentuk seperti lidah ini memiliki banyak manfaat yaitu menjaga kesehatan rambut, menyembuhkan jerawat, melembabkan kulit dan manfaat lainnya.

Argumentasi:

Banyaknya manfaat yang didapat dari lidah buaya karena banyaknya kandungan yang terdapat di dalamnya, salah satunya adalah hormon Gibberellin yang bisa menyembuhkan jerawat yang meradang dan menumbuhkan sel kulit baru pada bekas jerawat dan mencegah tumbuhnya jerawat baru. Sifat anti inflamasi yang terkandung di dalamnya yang membuat lidah buaya memiliki khasiat tersebut.

Reorientasi:

Banyaknya manfaat yang terkandung menjadikan lidah buaya banyak diolah menjadi obat atau krim untuk merawat kulit. Manfaat lidah buaya tidak hanya untuk kesehatan rambut, tetapi juga baik untuk pembentukan sel-sel kulit baru dan pencegahan munculnya jerawat. Khasiat tersebut didapat dari hormon Gibberellin yang terkandung di dalam lidah buaya tersebut.

9. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Air

Tesis:

Tubuh manusia terkandung 70% air di dalamnya, sehingga air merupakan cairan yang penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Setiap hari kita akan kehilangan cairan tubuh, karena tubuh kita memerlukan cairan untuk bergerak dan beraktivitas. Cairan itu akan hilang karena keringat, pernapasan, dan ekskresi. Maka dari itu, jangan sampai tubuh kita kekurangan cairan yang bisa mengakibatkan dehidrasi.

Minum air sebanyak 8 gelas per hari sangat dianjurkan agar tubuh kita tidak kekurangan cairan, dan air juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Selain untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh kita juga bisa mencegah kekeringan pada kulit.

Argumentasi:

Air putih menjadi hal utama yang diperlukan tubuh dalam memenuhi cairan tubuh manusia. Dengan menjaga agar cairan tubuh tetap terpenuhi, kita kan terhindar dari penyakit dan bisa memberikan energi pada otot dan persendian kita. Serta dengan minum air putih, sumsum tulang belakang dan sistem tubuh kita akan terlindungi.

Air putih juga memberikan manfaat pada kulit kita, karena bisa menjaga kelembaban dan membuat kulit menjadi segar. Serta air putih juga bisa mengontrol asupan kalori yang kita konsumsi, agar porsi makan kita tidak berlebih.

Reorientasi:

Dapat disimpulkan bahwa air putih memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita dan juga menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang menyerang.

10. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Kulit Beserta Strukturnya

Tesis:

Wortel memang terkenal akan manfaatnya dalam menjaga kesehatan mata. Selain menjaga kesehatan mata, wortel juga bermanfaat bagi kesehatan kulit kita. Dengan manfaat yang dimiliki wortel, terdapat berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitamin B1, vitamin C, kalori, fosfor, kalsium, zat besi, kalori dan berbagai kandungan lainnya.

Argumentasi:

Wortel memang kaya akan manfaat bagi tubuh seperti memperkuat sistem pertahanan tubuh, menjadikan kulit bercahaya, mencegah timbulnya jerawat, mengatasi rambut rontok, hingga mencegah terjadinya penuaan dini. Banyak sekali memang manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi wortel. Kita bisa mengkonsumsi wortel secara langsung, diolah dalam masakan atau dijadikan jus yang enak dikonsumsi.

Reorientasi:

Dapat disimpulkan bahwa wortel memang kaya akan manfaat bagi kulit, mata, rambut dan kesehatan dalam tubuh kita.

11. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Lingkungan

Tesis:

Sampah memang menjadi masalah yang tidak kunjung usai untuk dibahas. Salah satu masalah mengenai sampah adalah sampah rumah tangga yang setiap hari pasti dihasilkan dari rumah-rumah masyarakat. Sampah rumah tangga merupakan sisa bahan dari kegiatan rumah tangga yang tidak lagi terpakai. Sampah ini terbagi menjadi 2 yaitu sampah cair dan sampah padat.

Argumentasi:

Sampah cair merupakan limbah yang berbentuk cair, terdiri dari limbah kamar mandi, sisa cucian piring atau cucian pakaian dan lain sebagainya. Sedangkan sampah padat merupakan sampah organik yang tidak dapat diuraikan oleh bakteri, yang terdiri dari plastik, tisu, botol, dan lain sebagainya.

Sampah-sampah tersebut sebetulnya bisa diolah menjadi hal yang bermanfaat seperti diolah menjadi pupuk atau sampah padat bisa diubah menjadi kerajinan tangan yang menghasilkan uang. Sayangnya, belum banyak masyarakat yang tau bagaimana cara mengolah sampah yang baik dan benar. Pengelolaan sampah sendiri bermula dari pengumpulan, pengangkutan/pembuangan sampah.

Reorientasi:

Apabila kita bisa mengolah sampah dengan baik dan benar, serta menerapkan 3R yaitu Reduce, Reuse dan Recycle dalam kehidupan sehari-hari kita. Kita bisa mengurangi sampah yang dihasilkan dari sisa bahan rumah tangga. Sehingga lingkungan akan lebih bersih, terjaga dan terjauh dari berbagai macam penyakit yang datang.

12. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Lingkungan Sekolah

Tesis:

Salah satu faktor lancarnya proses belajar-mengajar di sekolah, adalah lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman. Kendati begitu, banyak mahasiswa yang masih tidak peduli dengan kebersihan sekolah dan masih membuang sampah sembarangan walaupun sudah ada tempat sampah yang disediakan. Bahkan guru pun ada yang tidak memberikan contoh baik terkait kebersihan lingkungan sekolah.

Argumentasi:

Banyak siswa yang masih tidak peduli mengenai kebersihan lingkungan, karena berpikir bahwa yang petugas kebersihan lah nantinya yang akan menjaga kebersihan sekolah. Padahal sudah seharusnya seluruh warga sekolah yang bertanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan sekolah.

Reorientasi:

Memberikan kesadaran terhadap kebersihan sekolah sangat penting, karena siswa akan belajar dan mempraktekannya tidak hanya di sekolah namun di luar lingkungan sekolah. Dengan menyediakan tempat sampah di sekitar lingkungan sekolah, dan memberi sangsi nyata terhadap siswa yang tidak menjalankan tugas piket dan yang mengotori lingkungan sekolah.

Guru juga memiliki peran besar dengan memberikan contoh yang baik terhadap siswa-siswi di sekolah. Karena murid bisa meniru perilaku gurunya baik itu yang baik ataupun yang buruk.

13. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan dan Strukturnya

Tesis:

Merokok sudah menjadi hal yang wajar kita lihat dan sangat umum terjadi di masyarakat. meskipun sudah banyak peringatan mengenai bahaya rokok, masih banyak saja orang yang merokok. Bahaya rokok akan kesehatan seperti dapat mengganggu kesehatan otak, mengganggu daya pikir dan bisa merusak memori.

Argumentasi:

Kandungan rokok yang terdapat ribuan zat, dimana 50 persen zat tersebut memiliki dampak buruk bagi kesehatan manusia. Zat-zat tersebut antara lain adalah Nikotin, Tar, dan zat lainnya. Efek dari mengkonsumsi zat tersebut adalah bisa menyebabkan kanker, menimbulkan efek kecanduan, dan bisa merusak jantung.

Sebagai masyarakat yang sadar akan bahayanya rokok, kita harus mencegah generasi muda seperti pelajar untuk menghindari rokok dengan cara menghindari rokok dari lingkungan sekolah, tidak boleh menggunakan sponsor dari perusahaan rokok untuk kegiatan yang melibatkan pemuda atau pelajar, orang tua memberikan contoh yang baik dengan tidak merokok di depan anak-anaknya, serta melakukan berbagai kegiatan positif agar tidak ada waktu untuk merokok.

Reorientasi:

Menjalankan hidup sehat tanpa rokok memang sulit, bagi mereka yang telah merokok sejak lama karena masih bergantung pada rokok. Namun, apabila kita berkomitmen ingin menjalankan hidup sehat maka pasti niat itu akan terlaksana.

Akan lebih baik apabila kita meninggalkan rokok pada saat kita masih sehat, daripada dalam keadaan sakit hingga diujung kematian. Merokok memang kegiatan yang bisa merusak tubuh kita dan lebih banyak kerugian yang kita dapatkan dibanding manfaatnya.

14. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Mengenai Kandungan Rokok

Tesis:

Kesehatan menjadi sesuatu yang mahal, dan haus dijaga. Karena apabila kesehatan kita terganggu maka terganggu pula kegiatan aktivitas kita sehari-hari yang bisa menurunkan produktivitas kerja kita. Salah satu hal yang bisa merusak kesehatan kita adalah rokok. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan rokok, terdapat 2 jenis perokok ada perokok aktif dan pasif.

Argumentasi:

Apabila perokok aktif adalah orang yang merokok secara langsung, sedangkan perokok pasif adalah orang yang menghirup asap rokok dari perokok aktif tersebut. Rokok mengandung banyak zat berbahaya yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan bisa berujung pada kematian.

Merokok tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif, tetapi perokok pasif akan merasakan dampaknya. Seseorang yang terlalu sering terpapar asap rokok bisa mendapat risiko penyakit kanker paru-paru dan penyakit jantung hingga menyebabkan kematian.

Asap rokok juga tidak baik bagi kesehatan bayi. Asap rokok yang terpapar pada bayi bisa menyebabkan kematian mendadak,bahaya sekali bukan? Selain itu banyak sekali bahaya yang ditimbulkan oleh rokok.

Reorientasi:

Maka dari itu mulailah hidup sehat tanpa rokok, dengan mengurangi rokok dan menghindari tempat yang sering terpapar oleh asap rokok. Karena bukan hanya membahayakan kesehatan perokok aktif, tetapi juga membahayakan nyawa orang yang menghirup asap rokok tersebut.

15. Contoh Teks Eksposisi Tentang Kesehatan Mengenai Stroke

Tesis:

Kesehatan merupakan hal yang paling utama dalam kehidupan manusia. Karena apabila kesehatan kita terganggu, maka aktivitas sehari-hari kita juga akan terganggu. Di zaman sekarang ini, muncul berbagai macam penyakit yang mengancam kesehatan kita. Oleh maka itu, kita harus meningkatkan hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengatur pola hidup yang teratur.

Salah satu penyakit yang banyak mengancam kesehatan manusia adalah penyakit jantung dan stroke. Penyakit yang satu ini merupakan penyakit yang berbahaya dan menjadi penyebab nomor satu di Indonesia. Penyakit ini tidak mengenali jenis kelamin, ataupun usia penderitanya.

Faktor-faktor yang menyebabkan munculnya penyakit ini adalah kebiasaan makan yang buruk, merokok, dan mengkonsumsi minuman keras. Yang menjadi bahaya dari penyakit ini adalah penyakit ini datang secara tiba-tiba dan tidak dapat dideteksi sebelumnya. Maka dari itu kita harus tau bagaimana cara mencegah datangnya penyakit jantung dan stroke.

Argumentasi:

Cara pertama adalah kita harus tau apakah kita berisiko terkena penyakit jantung dan stroke? Apabila kita mengetahui terlebih dahulu, maka kita bisa mengurangi peluang terjadinya penyakit ini datang di kemudian hari. Dan juga kita bisa lebih menjaga kesehatan kita agar kita tidak terserang penyakit ini.

Selain itu, kita juga harus bisa menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok, mengkonsumsi minuman keras dan makanan yang berkolesterol tinggi. Dengan mengkonsumsi makanan tersebut, organ jantung di dalam tubuh kita harus bekerja lebih keras sehingga akan rentan untuk rusak.

Lalu menjaga tekanan darah juga merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Caranya adalah dengan menghindari stres yang berlebih dan menjaga agar istirahat yang kita miliki tercukupi serta kadar kolesterol dalam tubuh juga harus kita jaga.

Dengan menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh, lemak yang kita miliki juga akan terjaga. Sehingga mengurangi penyebab serangan jantung terjadi, jadi pilihlah dengan bijak makanan yang kita konsumsi.

Reorientasi:

Langkah terakhir adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Bagi anda yang malas untuk berolahraga, sebaiknya segera berolahraga karena bisa membuat tubuh menjadi sehat dan mengurangi datangnya penyakit jantung dan stroke. Selain dengan berolahraga, kita juga harus mengimbangi tubuh kita dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.

16. Contoh Teks Eksposisi tentang Pentingnya Lingkungan Hidup yang Bersih

Tesis:

Kualitas hidup yang baik bisa ditentukan dari bagaimana cara kita menjaga lingkungan hidup. Semakin bersih, bisa semakin baik pula kualitas hidup kita. Menjaga lingkungan hidup bertujuan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti munculnya wabah penyakit yang berbahaya bagi kesehatan dan kenyamanan masyarakat. Ini adalah bukti bahwa lingkungan bersih bisa membantu untuk mempermudah dan meningkatkan kualitas hidup kita.

Gotong royong dalam dalam membersihkan dan menjaga lingkungan secara rutin bisa menjadi alternatif dalam menanggulangi pencemaran lingkungan. Dalam satu RT yang terdiri dari beberapa kepala keluarga, akan bisa dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah hari yang ada dan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati.

Argumentasi:

Selain itu, hari Minggu bisa dijadikan sebagai jadwal kegiatan kerja bakti rutin seluruh masyarakat desa yang di mulai pada pagi hari. Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan dalam kegiatan tersebut, selain kebersihan dan kesehatan hubungan solidaritas antar warga akan semakin kuat.

Reorientasi:

Kebersihan lingkungan hidup merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat dan merupakan faktor penting bagi kesehatan dan kenyamanan dalam bermasyarakat. Kebersihan lingkungan masyarakat akan menjamin kesehatan dan kenyamanan Dan tentu saja akan berimbas pada peningkatan dari kualitas hidup.

17. Contoh Teks Eksposisi tentang Kandungan Rokok

Tesis:

Kesehatan menjadi sesuatu yang mahal, dan haus dijaga. Karena apabila kesehatan kita terganggu maka terganggu pula kegiatan aktivitas kita sehari-hari yang bisa menurunkan produktivitas kerja kita. Salah satu hal yang bisa merusak kesehatan kita adalah rokok. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan rokok, terdapat 2 jenis perokok ada perokok aktif dan pasif.

Apabila perokok aktif adalah orang yang merokok secara langsung, sedangkan perokok pasif adalah orang yang menghirup asap rokok dari perokok aktif tersebut. Rokok mengandung banyak zat berbahaya yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh dan bisa berujung pada kematian.

Argumentasi:

Merokok tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif, tetapi perokok pasif akan merasakan dampaknya. Seseorang yang terlalu sering terpapar asap rokok bisa mendapat risiko penyakit kanker paru-paru dan penyakit jantung hingga menyebabkan kematian.

Asap rokok juga tidak baik bagi kesehatan bayi. Asap rokok yang terpapar pada bayi bisa menyebabkan kematian mendadak,bahaya sekali bukan? Selain itu banyak sekali bahaya yang ditimbulkan oleh rokok.

Reorientasi:

Maka dari itu mulailah hidup sehat tanpa rokok, dengan mengurangi rokok dan menghindari tempat yang sering terpapar oleh asap rokok. Karena bukan hanya membahayakan kesehatan perokok aktif, tetapi juga membahayakan nyawa orang yang menghirup asap rokok tersebut.

18. Contoh Teks Eksposisi tentang Manfaat Daun Sirih Merah

Tesis:

Salah satu jenis tumbuhan rumahan yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional adalah Sirih Merah. Pembudidayaan tanaman ini bisa dilakukan sendiri di rumah untuk dijadikan persediaan obat-obatan tradisional. Hal ini didasari oleh beberapa penelitian yang dilakukan bahwa Sirih Merah bisa dijadikan obat sakit maag, kanker, diabetes, dan juga obat masalah ketombe.

Argumentasi:

Pada umumnya, masyarakat menggunakan Sirih Merah dengan memanfaatkan daunnya yang biasanya diolah melalui proses perebusan. Terdapat senyawa aktif yang ada di dalamnya, sehingga Sirih Merah sangatlah ampuh dijadikan tumbuhan obat tradisional. Senyawa aktif tersebut diantaranya seperti minyak atsiri, eugenol, polifenol, dan sebagainya.

Reorientasi:

Daun Sirih Merah mengandung berbagai zat yang sangat baik untuk kesehatan. Tapi perlu diingat juga, jika ingin menggunakannya sebagai ramuan pengobatan penyakit, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu.



Simak Video "Startup di California Optimalkan Batu Kapur untuk Serap CO2 Lebih Cepat"
[Gambas:Video 20detik]
(urw/asm)