Detik-detik Pesawat Kargo Tergelincir di Bandara Ilaga gegara Gagal Berbelok

Papua

Detik-detik Pesawat Kargo Tergelincir di Bandara Ilaga gegara Gagal Berbelok

Tim detikcom - detikSulsel
Rabu, 26 Okt 2022 06:00 WIB
Penampakan pesawat tergelincir di Bandara Amingaru Ilaga, Papua.
Foto: Dokumen Istimewa.
Ilaga -

Sebuah pesawat kargo tergelincir di Bandara Aminggaru Ilaga, Papua. Insiden ini menyebabkan dua pesawat kargo lainnya membatalkan pendaratan di lokasi.

Pesawat kargo milik PT Reven Global Airtransport tersebut tergelincir sekitar pukul 09.15 WIT, Selasa (25/10). Laporan kepolisian menyebutkan bahwa pesawat tersebut tak bisa berbelok saat hendak dibawa ke hanggar.

"Menurut keterangan pilot saat hendak menuju hanggar pesawat tidak dapat berbelok ke kanan sehingga pesawat akhirnya lurus tergelincir ke ujung bandara," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangannya, Selasa (25/10/2022).


Pesawat ini diketahui membawa bahan makanan campuran seberat 410 kilogram serta 6 unit kendaraan roda dua seberat 600 kilogram. Menurut Kamal, pesawat dengan Nomor penerbangan PK-RVA tersebut baru saja melakukan penerbangan dari Timika tujuan Ilaga dengan pilot Gabriel dan kopilot Sulaiman.

"Kondisi pilot dan kopilot dalam keadaan selamat," sambung Kombes Kamal.

Kendati demikian, insiden itu menyebabkan sejumlah kerusakan pada pesawat. Beberapa kerusakan itu adalah ban depan terlepas, baling-baling bengkok serta bodi pesawat bagian bawah pecah.

2 Penerbangan Dialihkan

Sementara itu, Kepala Unit Pengelola Bandara Udara (UPBU) Aminggrau Herman Sujito mengatakan insiden ini membuat dua pesawat lainnya gagal mendarat di Bandara Aminggaru. Penerbangan pesawat itu kemudian dialihkan.

"Ada 2 unit pesawat kargo jenis Caravan dari Mimika gagal mendarat imbas dari pesawat ini tergelincir," ujar Herman Sujito kepada detikcom, Selasa (25/10).

Herman menjelaskan insiden itu juga membuat seluruh aktivitas penerbangan diberhentikan. Hal ini karena posisi pesawat berdampak pada aktivitas penerbangan di bandara tersebut.

"Seluruh penerbangan sejauh ini dihentikan," katanya.



Simak Video "Warga Evakuasi Pesawat SAM Air yang Tergelincir di Beoga Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/sar)