59 Orang di Pasangkayu Terjangkit DBD, Warga Minta Pemkab Lakukan Fogging

59 Orang di Pasangkayu Terjangkit DBD, Warga Minta Pemkab Lakukan Fogging

Hafis Hamdan - detikSulsel
Senin, 10 Okt 2022 18:18 WIB
Ilustrasi nyamuk
Foto: Ilustrasi kasus DBD di Pasangkayu, Sulbar. (Thinkstock)
Pasangkayu -

Sebanyak 59 orang di Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi barat (Sulbar) terjangkit demam berdarah dengue (DBD) tahun 2022. Atas hal tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pasangkayu banyak menerima permintaan warga untuk melakukan fogging.

"Tahun ini ada 59 kasus, cuman belum masuk yang bulan Oktober ini karena dilaporkan bulan depan," kata Sub Koordinator Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Pasangkayu, Evasawanti saat dikonfirmasi, Senin (10/10/2022).

Evasawanti total 59 warga terjangkit tersebut merupakan data periode Januari-September 2022. Laporan tertinggi ada bulan September dengan mencapai 17 kasus DBD.


"Biasanya itu kasus di Pasangkayu sampai 100 lebih per tahunnya," sambungnya.

Pada tahun 2022 lalu, Dinkes Pasangkayu mencatat ada 150 orang terjangkit DBD. Jumlah ini menurun drastis pada 2021 lalu dimana dilaporkan ada 33 kasus.

"2020 itu ada 150 kasus (DBD). Kalau 2021 menurun di 33 kasus karena waktu itu kan ada COVID. Jadi kemungkinan warga takut ke rumah sakit nanti dikira kena COVID," sebut Evasawanti.

Sejak tiga terakhir, Evasawanti mengaku tidak ada warga meninggal akibat terjangkit DBD. Sejauh ini warga terjangkit hanya dirawat di rumah sakit atau puskesmas hingga dinyatakan sembuh.

"3 tahun terakhir tidak ada ji korban meninggal karena kena DBD," paparnya.

Atas kasus DBD yang terjadi di Pasangkayu, Evasawanti menuturkan, pihaknya banyak menerima permintaan fogging dari warga. Teknik pengasapan untuk memberantas sarang nyamuk di lingkungan rumah.

"Kalau kesulitan dari penanganan itu ya sekarang banyak warga minta fogging, tapi kurang perhatikan lingkungannya sendiri," tutur Evasawanti.

Laporan warga terkait permintaan fogging tersebut banyak diterima lewat sambungan telepon. Pihaknya juga mengedukasi warga agar menjaga kebersihan lingkungan.

"Kan sementara banyak lagi demam berdarah terutama di Kecamatan Pasangkayu. Jadi kita himbau juga warga jaga lingkungan, fogging itu kalau banyak area jentik nyamuk ji di situ," jelasnya.



Simak Video "Atta Halilintar Dilarikan ke Rumah Sakit Gegara DBD"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/nvl)