Cerita Anies soal Persahabatan dengan Jokowi hingga Jadi Jubir Pilpres 2014

Berita Nasional

Cerita Anies soal Persahabatan dengan Jokowi hingga Jadi Jubir Pilpres 2014

Tim detikNews - detikSulsel
Kamis, 06 Okt 2022 08:26 WIB
Anies unggah foto bareng Jokowi saat nonton Formula E
Foto: Anies unggah foto bareng Jokowi saat nonton Formula E (dok. screenshoot)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menceritakan awal persahabatannya dan interaksinya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak 2011. Anies juga menuturkan ditelepon khusus Jokowi untuk menjadi juru bicara (jubir) di Pilpres 2014.

"Kami ini bersahabat dan kami itu mulai berinteraksi bersama itu sejak tahun 2011 sebelum beliau menjadi gubernur di Jakarta. Jadi sering bersama-sama di berbagai forum, kemudian kalau ke Solo, ketika itu beliau masih menjadi wali kota, bahkan ketika itu ada Solo Mengajar, beliau juga ikut melakukan endorsement. Ketika itu Solo Mengajar, kami Indonesia mengajar," kata Anies dalam wawancara eksklusif CNN TV dilansir dari detikNews, Kamis (6/10/2022).

Kemudian Anies juga menceritakan saat ditelepon khusus Jokowi untuk menjadi jubir pada Pilpres 2014. Sejak itu, Anies membeberkan komunikasinya terus berlanjut hingga kini dengan Jokowi.


"Jadi, perjumpaan itu, interaksi itu, sudah panjang. Kemudian beliau tugas di Jakarta, saya masih Paramadina. Kemudian ketika beliau maju menjadi calon presiden, beliau menelepon, beliau bicara, mengundang saya untuk menjadi juru bicaranya, dan sesudah itu menjadi intensif pembicaraan," terangnya.

Anies menuturkan hubungannya dengan Jokowi tak terhalang apapun. Bahkan dia mengaku komunikasi terus berlanjut dengan kerap mendatangi Jokowi untuk berdiskusi bersama.

"Sampai sekarang pun, pada waktu-waktu yang diperlukan, yang memang relevan, saya sering datang, kemudian berdiskusi, komunikasi, jalan terus. Jadi, tidak ada namanya putus komunikasi, dan beliau banyak event-event yang diselenggarakan di Jakarta yang secara khusus saya datang, kita diskusi di waktu-waktu itu. Jadi tidak ada barrier di dalam komunikasi, dan saya bersyukur bahwa tim pendamping beliau memfasilitasi untuk kita berkomunikasi terus," terangnya.

Sehingga Anies membantah isu yang menyebut jika hubungannya dengan Jokowi ada masalah sehingga dikaitkan dengan tak ada 'restu' maju sebagai capres di 2024. Malah kata Anies, komunikasi dengan Jokowi terjalin baik hingga saat ini.

"Dan kita-kita ini, kadang-kadang ya keterampilan mengarangnya luar biasa hebat. Jadi karangan-karangannya tak disertai fakta, akhirnya karangan betulan," ungkap Anies.

"Jadi saya ingin sampaikan bahwa kita alhamdulillah diberikan kesempatan untuk selalu komunikasi, untuk selalu diskusi, dan akan mempertahankan terus," sambungnya.



Simak Video "Kata Istana soal Rencana Pertemuan Jokowi-Anies Sore Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/tau)