Pangdam Kasuari Terima Maaf Kapolda Papua Barat soal Polisi Jilat Kue HUT TNI

Papua Barat

Pangdam Kasuari Terima Maaf Kapolda Papua Barat soal Polisi Jilat Kue HUT TNI

Hasrul - detikSulsel
Rabu, 05 Okt 2022 19:37 WIB
Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lem dan Kapolda Papua Barat Irjen Daniel Tahi M Silitonga
Foto: dok.ist
Manokwari -

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Gabriel Lema bertemu Kapolda Papua Barat Irjen Daniel Tahi M Silitonga setelah viral 2 oknum polisi menjilat kue HUT TNI ke-77. Mayjen Gabriel menerima permohonan Maaf Irjen Daniel.

Dalam video yang diterima detikcom, Rabu (5/10/2022), awalnya Irjen Daniel menyampaikan permohonan maaf atas perbuatan tidak terpuji 2 anggotanya. Gabriel Lema lalu merespon dengan mengatakan menerima permohonan maaf tersebut.

"Intinya permohonan maaf tadi kami dengan tulus ikhlas, sepenuh hati menerima," kata Gabriel Lema.


Gabriel pun berharap anggota TNI dapat dengan bijak melihat persoalan tersebut. Dia kemudian menyerahkan penanganan kasus tersebut sepenuhnya ke Kapolda Papua Barat.

"Saya yakin dan percaya seluruh jajaran Kodam XVIII/Kasuari dapat dengan bijak melihat hal itu. Semuanya kita tentunya serahkan kepada Bapak Kapolda," katanya.

Dia juga mengungkapkan bahwa semua rangkaian ulang tahun TNI ke-77 mendapat dukungan penuh dari jajaran Polda Papua Barat. Dia menegaskan pihaknya penuh suka cita karena hal tersebut.

"Karena selama kegiatan sejak pagi tadi sampai dengan saat ini itu total semua kegiatan didukung sepenuhnya oleh rekan-rekan kepolisian khususnya dari Polda Papua Barat. Sehingga tadi kami juga diberi surprise berupa tumpeng dan juga atensi dari Kapolda bersama ibu ikut bersuka cita," katanya.

Kapolda Papua Barat Minta Maaf

Sebelumnya diberitakan, Irjen Daniel meminta maaf ke Mayjen Gabriel atas ulah 2 oknum polisi lalu lintas (Polantas) yang menjilat kue HUT TNI ke-77 dan mengeluarkan kata tidak pantas. 2 Oknum polisi tersebut telah diberi sanksi.

"Pada kesempatan ini saya dengan saudara saya (Pangdam) menyampaikan permohonan maaf yang sedalam-dalamnya atas ulah anggota saya," kata Daniel Tahi dalam video yang diterima detikcom, Rabu (5/10).

Dia mengakui perbuatan kedua oknum anggotanya tersebut kurang mengenakkan bagi jajaran Kodam XVIII/Kasuari dan anggota TNI di seluruh Indonesia. Dia sekali lagi memohon maaf sebagai komandannya.

"Saya mohon maaf sebagai komandannya. Saya bertanggung jawab akan hal itu, tadi saya juga sudah melakukan tindakan tegas terhadap anggota ini," terangnya.

Daniel Tahi pun berharap aksi tidak terpuji kedua anggotanya tersebut tidak mencederai kekompakan antara Polda Papua Barat dengan Kodam XVIII/Kasuari. Dia mengaku akan melakukan pembinaan ke anggotanya.

"Kekompakan selama ini jangan tercederai dengan ulah para anak buah yang perlu dikoreksi. Saya bertanggung jawab untuk melakukan perbaikan-perbaikan ke depan," katanya.



Simak Video "HUT TNI ke-77 Bakal Diadakan di Istana"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/nvl)