Apa Itu PCare BPJS Kesehatan? Simak Penjelasan, Manfaat dan Cara Daftarnya

Apa Itu PCare BPJS Kesehatan? Simak Penjelasan, Manfaat dan Cara Daftarnya

Edward Ridwan - detikSulsel
Rabu, 05 Okt 2022 04:30 WIB
BPJS Kesehatan
PCare BPJS Kesehatan (Foto: Dok. BPJS Kesehatan)
Makassar -

PCare atau Primary Care adalah aplikasi baru yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Melalui aplikasi PCare ini, masyarakat bisa mengetahui informasi seputar layanan kesehatan di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat 1. Fasilitas tersebut meliputi kunjungan ke puskesmas, klinik, laboratorium, hingga informasi seputas pelayanan vaksin COVID-19.

Selain itu aplikasi PCare juga berguna untuk fasilitas kesehatan primer (puskesmas) untuk mengakses data-data pasien dengan mudah. Hal tersebut akan memudahkan proses pendaftaran, penegakan diagnosa, terapi pengobatan hingga pelayanan laboratorium.


Jadi bisa dikatakan bahwa aplikas PCare BPJS Kesehatan ini akan membuat masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan layanan BPJS kesehatan. Didalamnya terdapat fitur untuk mengecek tagihan BPJS, pencarian faskes terdekat, dan lain sebagainya.

Selain itu, alur pendaftaran pasien juga semakin praktis. Proses diagnosis dan pengobatan pasien juga lebih cepat, serta proses rujukan jadi lebih mudah.

Lantas bagaimana cara mendaftar layanan PCare? Berikut tata caranya dirangkum detikSulsel dari berbagai sumber:

Cara Daftar PCare BPJS Kesehatan

Melansir detikFinance, penggunaan aplikasi ini belum sepenuhnya di buka secara umum. Mereka yang bisa menggunakannya adalah masyarakat atau fasilitas kesehatan yang sudah terdaftar di BPJS Kesehatan.

Adapun jika Anda ingin mendaftarkan diri, pertama kali perlu mengunjungi kantor BPJS Kesehatan terdekat. Selanjutnya Anda akan diberikan username dan password untuk login ke aplikasi PCare ini.

Setelah mendapatkan username dan password, berikut cara untuk menggunakan layanan PCare BPJS Kesehatan:

  1. Buka website resmi PCare BPJS Kesehatan di https://pcarejkn.bpjs-kesehatan.go.id/eclaim/ di browser Anda. Atau Download aplikasi PCare di Play store maupun Appstore.
  2. Login dengan memasukkan username dan password yang telah Anda dapatkan sebelumnya.
  3. Setelah login, Anda akan dibawa ke halaman utama PCare BPJS Kesehatan yang berisikan indeks data diri pasien.
  4. Di dalam aplikasi PCare ini, terdapat beberapa fitur yang bisa Anda gunakan. Seperti "Pendaftaran" dan "Pelayanan".
  5. Pilih menu "Pendaftaran" jika Anda adalah pasien berobat. Caranya adalah dengan menginput nomor peserta BPJS Kesehatan Anda lalu klik "cari". Jika Anda adalah peserta BPJS dari instansi tempat kerja, maka identitas pasien akan muncul secara otomatis.
  6. Selanjutnya silahkan lengkapi data yang kosong, seperti jenis kunjungan, keluhan, tekanan darah, dan lain sebagainya.
  7. Selanjutnya klik "Simpan".
  8. Berikutnya pada menu "Pelayanan" Anda dapat mengklik "Entri Data". Selanjutnya silahkan isi kolom kosong seperti terapi hingga diagnosis. Klik "Simpan".
  9. Setelah selesai, Anda telah berhasil mendaftar layanan PCare BPJS Kesehatan.

Simak selengkapnya di halaman berikut.



Simak Video "Minta Tak Diskriminasi, BPJS Kesehatan Beberkan Inovasi Pelayanan Baru"
[Gambas:Video 20detik]