4 Minuman Pembersih Usus yang Diyakini Mempan Bikin Pencernaan Lancar

4 Minuman Pembersih Usus yang Diyakini Mempan Bikin Pencernaan Lancar

Tim detikHealth - detikSulsel
Selasa, 04 Okt 2022 17:14 WIB
Various freshly squeezed fruit and vegetable juices
Foto: Getty Images/iStockphoto/AlexRaths
Makassar -

Bakteri baik dan bakteri jahat perlu diseimbangkan untuk kesehatan usus. Usus yang sehat atau bersih tentu akan berdampak pada peningkatan kebugaran tubuh.

Dilansir dari detikHealth yang mengutip dari Eat This, keseimbangan bakteri baik dan jahat dalam usus bukanlah hal yang sulit. Keseimbangan itu bisa dijaga melalui gaya hidup yang sehat dengan mengonsumsi minuman pembersih usus secara rutin.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar usus kita senantiasa bersih, seperti menyerap nutrisi dari pangan sehari-hari. Usus juga melakukan peranannya sebagai "otak kedua" yang artinya tubuh memiliki neuron bernama sistem saraf enterik di sepanjang saluran pencernaan.


Apabila seseorang ingin menentukan keputusan, saraf tersebut akan mengenali perasaan intuisi yang dihasilkan dan mengirimkannya ke otak. Maka dengan demikian kesehatan usus yang normal tentu saja membantu seseorang untuk bisa berpikir lebih jernih dan mencegah penyakit mental.

Dirangkum detikSulsel, berikut minuman pembersih usus yang dapat membantu sistem pencernaan agar bekerja lebih optimal:

1. Teh Hijau

Teh hijau merupakan salah satu jenis teh terbaik untuk kesehatan usus. Teh jenis ini mengandung senyawa polifenol kuat yakni Epigallocatechin Gallate (EGCG). Senyawa ini menghasilkan efek prebiotik yang berinteraksi dengan mikroorganisme usus guna membentuk bakteri baik.

Namun agar tidak bosan mengonsumsinya, teh herbal "ramah" usus lain yang bisa dikonsumsi adalah teh hitam, teh kamomil, kemangi suci (daun ruku-ruku), kunyit, dan jahe.

Untuk mengonsumsinya, berbagai jenis teh tersebut bisa dicampur dengan jus buah. Fungsinya adalah untuk menutupi rasa pahit dari bubuk teh tersebut.

2. Sup Kaldu

Kaldu yang terbuat dari rebusan tulang ayam dan sapi telah menjadi obat "mujarab" populer. Sebab, ia mengandung vitamin dan asam amino seperti glisin, gelatin, glutamin, dan kolagen sebagai pendukung pembentukan mikrobioma usus.

Menurut ahli diet, Samantha Presicci, MCN, RD, LD, kolagen dan glutamine membantu menjaga kesehatan usus dan memperbaiki kondisi usus yang bocor.

"Kolagen membantu menyehatkan lapisan usus dan gelatin mampu menyerap air dan membantu menjaga lapisan lendir yang menjauhkan mikroba usus dari lapisan usus.

Glutamine juga dapat membantu kondisi seperti usus bocor dengan mendukung pencernaan yang tepat dari semua makanan yang Anda makan," jelas dr Samantha.

3. Minuman Probiotik

Probiotik menghasilkan bakteri baik di usus dengan bantuan serat dan pati resisten, salah satu contoh produknya ialah yogurt dan susu fermentasi.

Susu kefir menjadi alternatif pilihan bagi seseorang yang alergi terhadap laktosa, pengidap chron, dan lansia karena komposisinya mudah dicerna.

4. Jus Buah

Jus adalah ramuan pembersih usus besar yang cukup populer. Campuran jus mengandung beberapa serat dan nutrisi yang bermanfaat bagi pencernaan.

Sebuah penelitian pada tahun 2015 menemukan bahwa vitamin C dapat membantu membersihkan usus besar. Vitamin ini ditemukan dalam banyak buah dan sayuran, salah satunya jeruk dan lemon.

Jadi guys, racikan mana yang kamu pilih? Di samping pengonsumsian minuman pembersih usus ini, jangan lupa untuk memberikan hidrasi yang cukup bagi tubuh melalui air mineral. Air membantu makanan tetap bergerak melalui sistem pencernaan dan memudahkan penyerapan nutrisi jadi lebih efektif.



Simak Video "Spanyol Berhasil Lakukan Transplantasi Usus Bayi Pertama di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/hmw)