Ini Cara Keluar dari Grup WhatsApp Secara Diam-diam

Tim detikSulsel - detikSulsel
Kamis, 29 Sep 2022 11:48 WIB
Fitur baru grup WhatsApp, salah satunya keluar dari grup secara diam-diam
Fitur leave group WhatsApp diam-diam (Foto: WABetaInfo)
Makassar -

Pengguna WhatsApp kini sudah bisa menggunakan fitur leave group diam-dima tanpa ketahuan oleh anggota grup lainnya. Pada Agustus lalu, pihak WhatsApp memang sudah mengumumkan peluncuran fitur tersebut, namun saat itu tidak dijelaskan apakah fitur tersebut diluncurkan sekaligus kepada semua pengguna WhatsApp atau diluncurkan secara bertahap.

Dilansir dari detikInet, Kamis (29/9/2022), fungsi leave group WhatsApp tanpa ketahuan pengguna lainnya sudah bisa digunakan saat ini. Berdasarkan informasi update aplikasi WhatsApp, pengguna yang keluar dari grup tidak akan ketahuan oleh anggota grup lainnya, namun ini tidak berlaku bagi admin grup.

"Sekarang hanya admin yang akan diberi tahu saat Anda keluar dari grup," demikian tertulis dalam informasi update aplikasi WhatsApp yang dilihat detikSulsel, Kamis (29/9/2022).


Dengan demikian peserta grup yang tidak menjadi admin tidak akan menerima pemberitahuan apapun jika salah satu anggota meninggalkan grup. Fitur ini berbeda dengan yang terjadi selama ini, yang mana setiap ada anggota grup yang keluar, akan muncul notifikasi "(nomor/nama kontak) keluar" yang dapat dilihat oleh seluruh anggota grup.

Dengan hadirnya fitur baru tersebut, pengguna tidak perlu lagi merasa sungkan atau tidak nyaman ketika hendak meninggalkan suatu grup karena alasan tertentu. Tapi perlu diingat, anggota yang menjadi admin akan tetap menerima notifikasi tersebut.

Berikut ini langkah-langkah keluar dari grup WhatsApp diam-diam:
1. Update WhatsApp ke versi terbaru
2. Buka aplikasi WhatsApp, lalu buka ruang obrolan grup yang dituju
3. Klik ikon titik tiga pada bagian sudut kanan atas layar
4. Klik opsi 'Lainnya' lalu pilih 'Keluar dari grup'

Selain fitur leave group tanpa ketahuan tersebut, ada juga beberapa update terbaru yang bisa dinikmati pengguna WhatsApp. Salah satu update tersebut memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan orang lain yang berada di grup yang sama.

Tapi perlu diingat, fitur menghapus pesan dari orang lain ini hanya bisa dilakukan oleh admin. Setelah pesan dihapus, maka akan muncul pemberitahuan siapa yang menghapus pesan tersebut.

"Admin grup sekarang dapat menghapus pesan yang dikirim peserta lain untuk semua orang. Semua peserta dapat melihat siapa yang menghapus pesan," demikian tertulis dalam informasi update aplikasi WhatsApp.

Kemudian, ada juga fitur privasi yang bisa meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna dalam menggunakan WhatsApp. Kini, pengguna dimungkinkan untuk mengatur siapa saja yang melihat status 'online', serta memblokir tangkapan layar untuk pesan sekali lihat.

Fitur-fitur tersebut ini diumumkan sendiri oleh CEO Meta Mark Zuckerberg pada Agustus lalu.

"Beberapa fitur privasi baru akan diluncurkan di WhatsApp: keluar dari grup tanpa notifikasi, mengontrol siapa yang dapat melihat saat Anda online, dan pemblokiran tangkapan layar untuk pesan sekali lihat," kata Zuck.

"Kami meyakini bahwa berkirim pesan dan melakukan panggilan harus terasa privat dan aman, seperti halnya ketika melakukan percakapan secara tatap muka. Ibarat dua orang yang sedang bercengkerama, tanpa ada orang lain di antara mereka," demikian penjelasan dari WhatsApp.

Untuk menikmati fitur leave group tanpa ketahuan, serta fitur terbaru WhatsApp lainnya, pengguna perlu melakukan update aplikasi ke versi terbaru. Ketersediaan update fitur-fitur tersebut akan bertahap hingga tersedia untuk seluruh pengguna WhatsApp.



Simak Video "Fitur Baru Grup WhatsApp, Kini Bisa Bikin Polling"
[Gambas:Video 20detik]
(urw/nvl)