Damkar Makassar Libatkan Batalyon 120 Jadi Petugas Pemadam Motor

Nurul Istiqamah - detikSulsel
Rabu, 28 Sep 2022 17:20 WIB
Markas Batalyon 120 Makassar digerebek Tim Poda Sulsel pada Minggu (11/9/2022). Polisi menemukan 164 anak busur panah, 4 bilah parang, hingga 38 botol miras kosong.
Markas Batalyon 120 Makassar (Foto: Ibnu Munsir)
Makassar -

Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) akan melibatkan anggota Batalyon 120 sebagai petugas pemadam kebakaran. Anggota Batalyon 120 akan mengoperasikan pemadam kebakaran motor (damtor) yang akan disiapkan di setiap kecamatan.

"Iya, jadi untuk keterlibatannya (Batalyon 120) kita sudah mendata masing-masing kelurahan," ujar Kepala Dinas Damkar Kota Makassar Hasanuddin kepada wartawan, Rabu (28/9/2022).

Hasanuddin menjelaskan nantinya akan disebar minimal dua orang anggota Batalyon di setiap kecamatan. Mereka bertugas untuk mengoperasikan kendaraan damtor jika terjadi kebakaran di wilayah tersebut.


"Terkait honor sebenarnya ada di Kecamatan. Jadi kalau asetnya ini yang kita serahkan ke kecamatan, nanti kecamatan yang untuk mengoperasikan," katanya.

Menurut Hasanuddin, tahun ini direncanakan ada pengadaan 53 unit damtor. Pihaknya sudah menerima sebanyak 27 unit. Sisanya akan diterima bertahap tahun ini.

"Sekarang kita menunggu sementara pengiriman ada tiga tahap pengiriman itu berakhir di awal Oktober. Setelah rampung kita sebar," ungkapnya.

Damtor ini disebutnya untuk menunjang program pengendalian kebakaran lorong atau PK Rong. Di setiap lorong nanti akan disiapkan tandon air. Untuk pengisiannya akan dilengkapi mesin pompa dari sumur bor.

"PK Rong ini radiusnya sampai 200 meter. Untuk mengisinya nanti lebih dari 200 meter itu menggunakan damtor," tukasnya.



Simak Video "Proses Evakuasi Pria Obesitas untuk Berobat di Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/asm)