Piton 6 Meter di Mamuju Dievakuasi Warga gegara Masuk ke Permukiman

Sulawesi Barat

Piton 6 Meter di Mamuju Dievakuasi Warga gegara Masuk ke Permukiman

Hafis Hamdan - detikSulsel
Rabu, 28 Sep 2022 10:51 WIB
Piton 6 meter ditangkap warga di Mamuju.
Foto: Dokumen Istimewa.
Mamuju -

Seekor ular piton dengan panjang enam meter di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) dievakuasi warga usai tiba-tiba muncul dari semak-semak. Lokasi kemunculan ular piton itu merupakan kawasan permukiman sehingga warga setempat sempat dibuat geger.

"Ditangkap di jalan dekat rumah warga," kata Made, salah satu warga yang menangkap ular kepada detikcom, Rabu (28/9/2022).

Ular piton itu ditangkap warga di Kelurahan Rangas, Kecamatan Simboro, Mamuju pada Selasa (27/9) sekitar pukul 23.00 Wita. Awalnya warga sekitar melihat hewan melata itu muncul dari semak belukar dekat rumah salah satu warga.


"Ular muncul dari semak-semak, kemungkinan mau ke permukiman warga cari mangsa itu," ujar Made.

Made menuturkan ular piton itu sempat melakukan perlawanan saat hendak ditangkap warga sekitar. Warga yang hanya menggunakan alat seadanya butuh 30 menit untuk menangkap ular tersebut.

Kini piton 6 meter yang telah diamankan warga itu rencananya akan diserahkan ke BKSDA Sulbar.

"Sekitar setengah jam kita tangkap itu ular karena seadanya juga alat. Ini (ular) mau mi diserahkan ke BKSDA atau mungkin pecinta reptil supaya diamankan di penangkaran," katanya.

Diakui Made, warga sekitar masih khawatir dengan banyaknya ular yang muncul ke permukiman warga akhir-akhir ini. Ia menduga ular piton lainnya masih bersembunyi di semak belukar dan meninggalkan telur.

"Jangan sampai masih ada, karena beberapa hari terakhir banyak piton ditemukan di Mamuju. Apalagi belakang rumah warga yang semak-semak, ditakutkan ada telur ular," pungkasnya.



Simak Video "Rumah Warga Parepare Kemasukan Ular Piton Raksasa, Begini Penampakannya!"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/hmw)