Kalimantan Timur

Wanita Muda Melahirkan di Toilet Pelabuhan Balikpapan, Bayinya Meninggal

Muhammad Budi Kurniawan - detikSulsel
Senin, 26 Sep 2022 19:25 WIB
Tim medis KKP Balikpapan melakukan pemeriksaan terhadap wanita muda inisial SA usai melahirkan di Pelabuhan Semayang.
Foto: Tim medis KKP Balikpapan melakukan pemeriksaan terhadap wanita muda inisial SA usai melahirkan di Pelabuhan Semayang. (dok. istimewa)
Balikpapan -

Seorang wanita asal Kutai Timur, Kalimantan Timur (Kaltim) inisial SA (20) melahirkan di toilet Pelabuhan Semayang, Balikpapan. Namun sayang, bayi yang dilahirkan SA meninggal dunia.

"Iya di dalam toilet, saat ditemukan ibu dalam keadaan sehat dan melahirkan bayi laki laki tetapi sudah dalam kondisi meninggal," kata Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Balikpapan Zainul Mukhorobin kepada detikcom, Senin (26/9/2022).

Peristiwa tersebut terjadi di toilet terminal lantai 2 Pelabuhan Semayang, Balikpapan pada Sabtu (24/9) sekitar pukul 04.45 Wita. Saat kejadian, SA diketahui hendak berangkat menuju Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada pagi hari. Namun belum sempat menaiki kapal, kondisi perut ibu muda itu tiba-tiba mengalami sakit.


"Laporan dari petugas bahwa yang bersangkutan melahirkan sendiri, ibu tersebut tidak tahu kalau mau melahirkan," terangnya.

Usai mendapatkan laporan ada ibu melahirkan, tim medis pelabuhan kemudian langsung memberikan pertolongan. Dari pemeriksaan itu, diketahui usia kehamilan SA antara 22-24 minggu.

"Saat dilakukan wawancara oleh tim medis KKP, ibu tersebut hamil anak kedua dan usia kehamilan 22-24 minggu. Kemarin ibu tersebut mengeluh perutnya terasa tidak enak," sebutnya.

Saat ini, SA telah berada di Rumah Sakit (RS) Bhayangkara untuk memastikan kesehatannya pascamelahirkan bayi sendirian.

"Jadi saat itu petugas medis melakukan tindakan dan langsung merujuk ibu itu ke RS Bhayangkara dengan ambulans KKP," kata Zainul.

Untuk diketahui, SA merupakan warga Sangatta, Kutim yang akan melakukan pemberangkatan ke Parepare, Sulsel untuk menghadiri pemakaman keluarga yang meninggal dunia.

"Dia mau berangkat ke Parepare karena ada keluarganya yang meninggal," pungkasnya.



Simak Video "Fakta-fakta Anggota TNI dan Istri Tewas Ditabrak Anak Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/nvl)