Sandiaga Uno Gelar Pelatihan Pemanfaatan Kenari Jadi Kosmetik di Ambon

Maluku

Sandiaga Uno Gelar Pelatihan Pemanfaatan Kenari Jadi Kosmetik di Ambon

Dea Duta Aulia - detikSulsel
Senin, 12 Sep 2022 10:32 WIB
Sandiaga
Foto: Istimewa
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menghadiri acara pelatihan pemanfaatan cangkang kenari menjadi olahan kosmetik di Ambon, Maluku, Minggu (11/9). Acara tersebut diselenggarakan bertujuan untuk memberikan ilmu baru kepada masyarakat sehingga diharapkan mampu bermanfaat dan bisa menekan angka kemiskinan.

"Di tengah-tengah situasi ekonomi yang penuh tantangan, pelatihan ini adalah bagaimana mengurangi angka kemiskinan, memberikan bantuan dan solusi secara tepat sasaran kepada pelaku UMKM yang sangat tangguh ini," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Senin (12/9/2022).

Sementara itu, Ketua Penggerak Maluku Manise (PMM) Irawati Salam mengatakan acara pelatihan tersebut sengaja diselenggarakan karena kenari merupakan salah satu komoditi unggulan di Ambon. Selain itu acara tersebut turut dihadiri oleh lintas komunitas dan UMKM yang ada di Kota Ambon.


"Tujuannya selain mendapatkan ilmu bisa menciptakan lapangan kerja baru sesuai dengan target Pak Sandi 1,1 juta di tahun ini dan di 2024 4,4 juta," kata Irawati.

Di sisi lain, pelaku UMKM Sari Rasa Nela Anggraeni mengatakan cukup antusias dalam mengikuti pelatihan tersebut. Ia tidak menyangka bahwa buah kenari bisa dimanfaatkan menjadi produk kecantikan.

"Pokoknya udah ganteng Pak Sandi tuh, perhatian sama UMKM, mendorong semua untuk aktif terus maju. Semoga Pak Sandi bisa sehat terus, sama yang terpenting semoga Pak Sandi ke depannya bisa jadi orang nomor 1 di Indonesia," jelasnya.

Ia berharap melalui pelatihan ini, perekonomian Ambon bisa lebih bergeliat. Serta ilmu baru tersebut bisa dimanfaatkan maksimal oleh para ibu-ibu yang ada di Ambon.

"Sangat bermanfaat banget sih buat kita selaku ibu-ibu, selaku pengusaha-pengusaha, siapa tahu buat penambah ekonomi di Ambon sini. Seneng banget sama Pak Sandi sudah datang ke Ambon sini," tutupnya.

(akn/ega)