Sandiaga Uno Sebut Program Portamento Lindungi Hak Cipta Musisi

Sandiaga Uno Sebut Program Portamento Lindungi Hak Cipta Musisi

Arief Budiman - detikSulsel
Jumat, 09 Sep 2022 14:55 WIB
Sandiaga Uno
Foto: Istimewa
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menghadiri kegiatan talkshow dengan tema 'Digitalisasi Musik' di Auditorium Universitas Ciputra, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sandiaga menyebut program portamento jadi solusi untuk meningkatkan ekonomi dan melindungi hak cipta musisi. Adapun kegiatan talkshow ini bekerja sama dengan Prolog dan Oke Oce Milenial Sulselbar.

Sandiaga mengungkapkan untuk melindungi karya dari para musisi Indonesia pemerintah akan menerbitkan suatu program yaitu portamento.

"Kita akan menerbitkan suatu program namanya portamento dan ini karya musik memberantas pembajakan," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Jumat (9/9/2022).


Menurutnya, pemerintah akan memberikan insentif atau stimulus melalui fasilitas pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) secara gratis, dan ditambah pendampingan.

Selain itu, Sandiaga Uno juga berkesempatan berbincang langsung dengan Juang Manyala, yaitu CEO Pmancar.com. Juang Manyala mampu membuat sebuah platform yang menjadi wadah transaksi ekonomi musisi.

"Saya sampaikan ke Kementerian dan Pak Menteri Sandiaga Uno terkait bagaimana Makassar shifting digital era. Jadi musisi bikin project digital lalu dijual di pmancar.com sehingga ada transaksi ekonomi oleh para musisi di situ," kata Juang.

Sementara itu, peserta talkshow digitalisasi musik Makassar Eti mengungkapkan kegiatan ini menjadi penting bagi kalangan milenial maupun generasi Z (Gen Z). Terlebih adanya dorongan dari Sandiaga bisa membuat musisi untuk meningkatkan ekonomi.

"Anak-anak muda bisa menyalurkan hobinya sebagai musisi. Jadi itu sangat bagus sekali buat kita bisa menciptakan lapangan kerja dan dapat meningkatkan dari segi pendapatan," ucap Eti.

Lebih lanjut, kata dia, menilai kehadiran Sandiaga menjadi bukti bentuk keberpihakan dan memperhatikan ekonomi rakyat. Sehingga ia meyakini Sandiaga patut maju menjadi calon presiden pada tahun 2024 nanti.

"Karena Pak Sandiaga Uno ini memperhatikan ekonomi rakyat, terutama untuk kalangan generasi muda, atau milenial. Semoga Bapak Sandiaga Uno bisa menjadi Presiden," pungkasnya.



Simak Video "Kabar Baik! Kunjungan Wisman ke RI Meroket Hingga 40 Persen"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)