Hari Olahraga Nasional 9 September: Sejarah, Logo dan Maknanya

Hari Olahraga Nasional 9 September: Sejarah, Logo dan Maknanya

Edward Ridwan - detikSulsel
Jumat, 09 Sep 2022 14:15 WIB
Twibbon Hari Olahraga Nasional 2022 bisa dipakai saat tanggal 9 September 2022. Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 memasuki peringatan ke-39.
Hari Olahraga Nasional 2022 (Foto: twibbonize.com)
Makassar -

Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September. Lantas, bagaimana Hari Olahraga Nasional di Indonesia terbentuk?

Dilansir dari website Dinas Pemuda dan olahraga Sumatera Utara, sejarah pembentukan Hari Olahraga Nasional ini didasarkan pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama kali. Yakni pada 9-12 September 1984 di Kota Solo, Jawa Tengah.

Hari Olahraga Nasional kemudian ditetapkan melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 tahun 1985.


Tahun ini, peringatan Hari Olahraga Nasional ke-39 dipusatkan di Balikpapan, Kalimantan Timur. Pemerintah mengusung tema Hari Olahraga Nasional tahun 2022 yakni "Bersama Cetak Juara".

Sejarah Hari Olahraga Nasional (Haornas)

Untuk mengetahui sejarah Hari Olah Raga Nasional perlu melihat kembali latar belakang penyelenggaraan PON pertama kali. Pada saat itu, PON digelar karena Bangsa Indonesia tidak bisa mengikuti Olimpiade Internasional di Kota London Inggris karena belum diakui sebagai negara merdeka.

Sehingga para atlet Indonesia hanya bisa datang ke London dengan menggunakan Passport Belanda. Di sisi lain, atlet-atlet Indonesia hanya ingin datang sebagai perwakilan Indonesia.

Dilatarbelakangi hal itu, kemudian dirancanglah kegiatan kompetisi Olahraga sejenis di dalam negeri yang diinisiasi oleh Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI). Kegiatan tersebut diberi nama Pekan Olahraga Nasional (PON).

PON ini dimaksudkan sebagai bukti untuk menunjukkan kepada Dunia bahwa bangsa Indonesia juga bisa mengadakan acara kompetisi Olahraga setingkat Nasional.

Para Atlet Indonesia tentu menyambut baik hal ini. Sebanyak 600 atlet dari seluruh Indonesia ikut serta dalam acara tersebut. PON I tersebut mempertandingkan 9 cabang olahraga dan memperebutkan 108 medali.

Pesta pembukaan PON I pada tanggal 9 September 1948 sekaligus diabadikan sebagai tanggal peringatan Hari Olahraga Nasional oleh masyarakat Indonesia.

Selanjutnya pada tahun 1985, Presiden Soeharto menetapkan secara resmi Hari Olahraga Nasional (Haornas)tanggal 9 september setiap tahunnya, melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional.

Logo dan Tema Hari Olahraga Nasional 2022

Setelah mengalami penundaan terkait Pandemi COVID-19, Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) kembali diadakan tahun 2022 bertempat di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Melansir dari buku Pedoman Pelaksanaan hari Olahraga Nasional ke-39 Tahun 2022 yang diterbitkan Kemenpora RI, disebutkan bahwa tema pelaksanaan Haornas tahun ini adalah "Bersama Cetak Juara".

HAORNAS hadir sebagai ajang pertemuan terbesar insan pelaku olahraga secara offline. Selain itu, nantinya juga akan diberikan penghargaan kepada insan pelaku olahraga serta atlet dan pelatih yang telah berprestasi mengharumkan nama bangsa.

Adapun logo Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) XXXIX adalah sebagai berikut.

Logo dan Tema Hari Olahraga Nasional Jatuh pada Tanggal 9 September 2022Logo Olahraga Nasional 2022 (Foto: kemenpora.go.id)

Makna Logo Hari Olahraga Nasional HAORNAS 2022 adalah sebagai berikut:

1. Berbagai paduan warna merupakan simbol kolaborasi berbagai pihak sebagai kunci suksesnya implementasi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) pada tahun 2022.

2. Gambar sayap garuda merupakan ikon Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur tempat pelaksanaan puncak acara Haornas 2022.

Download Logo dan Materi Publikasi Hari Olahraga Nasional 2022:

Download logo Haornas 2022

Download spanduk Haornas 2022 (5m x 10m)

Download baliho Horizontal Haornas 2022 (5m x 10m)

Download baliho Vertical Haornas 2022 (10m x 5m)

Download umbul-umbul Haornas 2022 (1,2m x 4m)

Download tema dan Logo Haornas 2022

Download template story

Download buku Haornas 2022



Simak Video "RS PON Ajak Masyarakat Jalan Sehat dalam Memperingati World Stroke Day"
[Gambas:Video 20detik]
(edr/alk)