Syarat Naik Pesawat, Ini Aturan Terbaru di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

Syarat Naik Pesawat, Ini Aturan Terbaru di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

Edward Ridwan - detikSulsel
Selasa, 30 Agu 2022 11:44 WIB
Bandara Sultan Hasanuddin
Ilustrasi syarat naik pesawat di Bandara Sultan Hasanuddin. (Foto: Muhammad Taufiqurrahman/detikcom)
Makassar -

Syarat naik pesawat perlu diketahui sebelum melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara melalui Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Syarat terbaru pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) telah diumumkan pemerintah.

Syarat naik pesawat ini tertuang dalam surat Edaran Kementerian Perhubungan (SE Kemenhub) Nomor 82 tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan perjalanan Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi COVID-19. Syarat terbaru ini mulai berlaku sejak 29 Agustus 2022.

Ada beberapa ketentuan dan aturan yang wajib diperhatikan oleh calon penumpang yang ingin bepergian menggunakan pesawat. Berikut syarat naik pesawat yang telah dirangkum detikSulsel:


Syarat Naik Pesawat

Sebelum melakukan perjalanan udara, calon penumpang di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar wajib memenuhi syarat naik pesawat terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah. Melansir SE Kemenhub nomor 82 tahun 2022, berikut poin-poinnya:

  1. Penumpang dengan usia 18 tahun ke atas harus sudah vaksinasi dosis ketiga (booster)
  2. Penumpang yang berstatus Warga Negara Asing dan berasal dari perjalanan luar negeri dengan usia 18 tahun ke atas, wajib sudah vaksinasi dosis kedua
  3. Penumpang usia 6-17 tahun wajib sudah vaksinasi dosis kedua
  4. Penumpang usia 6-17 tahun yang berasal dari perjalanan luar negeri dikecualikan aturan vaksinasi
  5. Penumpang usia di bawah 6 tahun dikecualikan terhadap syarat vaksinasi, namun wajib ditemani pendamping yang telah memenuhi ketentuan vaksinasi COVID-19.

Syarat Naik Pesawat: PCR dan Antigen

Calon penumpang perjalanan domestik melalui Bandara Sultan Hasanuddin Makassar tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen. Calon penumpang hanya perlu memenuhi syarat sudah melakukan vaksinasi tahap ketiga (vaksin booster) dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Penumpang juga wajib untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan. Selain itu, setiap penumpang bertanggung jawab atas kesehatannya masing-masing, serta tunduk dan patuh pada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Syarat Naik Pesawat Bagi Penumpang Komorbid

SE Kemenhub juga mengatur secara khusus syarat bagi penumpang perjalanan domestik yang belum mendapatkan vaksin karena memiliki kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid. Berikut syaratnya:

1. Tidak wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.
2. wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.



Simak Video "Vaksin Booster Bakal Jadi Syarat Kegiatan-Perjalanan"
[Gambas:Video 20detik]
(alk/nvl)