Kalimantan Utara

Warga Nunukan Bentangkan Bendera 10 Km di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Muhammad Budi Kurniawan - detikSulsel
Rabu, 17 Agu 2022 19:35 WIB
Warga Nunukan Bentangkan Bendera 10 Km di Perbatasan Indonesia-Malaysia
Foto: Warga Nunukan Bentangkan Bendera (dok.ist)
Nunukan -

Warga di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) membentangkan bendera merah putih sepanjang 10 kilometer (Km) di perairan perbatasan Indonesia-Malaysia. Aksi itu dilakukan dengan cara menarik bendera menggunakan 150 kapal nelayan.

"Alhamdulillah pengibaran bendera merah putih sepanjang 10 kilometer di perairan perbatasan negara hari ini berhasil kami laksanakan," jelas Dansatgas Mar Ambalat, Kapten Mar Andreas Parsaulian Manalu, Rabu (17/2022).

Pembentangan bendera merah putih sepanjang 10 Km ini melibatkan masyarakat Sebatik, nelayan, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Nunukan, anggota pramuka, dan mahasiswa. Kegiatan itu dilakukan usai melaksanakan upacara kemerdekaan RI ke-77.


"Pembentangan bendera merah putih dimulai dari jembatan Pos AL, Sebatik Timur Kemudian menyusuri Perairan Tanjung Aru hingga ke Sungai Bajo dengan menggunakan 150 kapal nelayan," terangnya.

Andreas menerangkan, selain pengibaran bendera, di saat yang sama anggota TNI AU melaksanakan pengibaran bendera di bawah air Perairan Karang Unarang.

"Kemudian saat bersamaan dari TNI AU melaksanakan upacara bendera di bawah air, ini memecahkan rekor karena dilakukan di 77 spot, dari Sabang sampai Merauke," kata Andreas.

Di hari kemerdekaan ini pihaknya memastikan keamanan di wilayah perbatasan dengan melaksanakan tugas pokok, salah satunya dengan melaksanakan patroli secara berkala.

"Dalam melakukan tugas pokok, kami mengedepankan operasi teritorial dan selalu bersinergi berbaur dengan masyarakat dengan demikian TNI sebagai bagian dari rakyat dan siap melindungi perbatasan untuk masyarakat di lokasi perbatasan ini," pungkasnya.



Simak Video "Momen Meriah Kirab Budaya 17 Agustus di Monas"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/asm)