HUT RI ke-77

77 Bendera Merah Putih Sepanjang 5 Km Terbentang di Anjungan Losari

Nurul Istiqamah - detikSulsel
Rabu, 17 Agu 2022 08:19 WIB
77 bendera dengan total panjang 5.000 meter dibentangkan di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan.
77 bendera dengan total panjang 5.000 meter dibentangkan di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: Nurul Istiqamah)
Makassar -

Sebanyak 77 bendera merah putih dengan total panjang 5.000 meter dibentangkan di anjungan Pantai Losari. Pembentangan bendera ini sebagai rangkaian peringatan HUT RI ke-77 yang dilaksanakan Pemerintah Kota Makassar.

Berdasarkan pantauan detikSulsel pada Rabu (17/8/202) di anjungan Pantai Losari, pelataran Bugis hingga Makassar mulai disterilkan pukul 08.28 Wita. Selanjutnya digelar atraksi pancuran air dari Pemadam Kebakaran Makassar sebagai pembuka acara.

Kemudian 1.000 petugas gabungan dari Dinas Perhubungan, Damkar, dan BPBD Makassar nampak mulai membentangkan 77 bendera dengan panjang masing-masing 65 meter secara serentak. Prosesi ini diiringi lagu Tanah Air Beta oleh kelompok paduan suara di panggung utama.


Bendera yang dibentangkan masing-masing 39 bendera di sisi pelataran Makassar dan 38 bendera di sisi pelataran Bugis. Bendera merah putih tersebut terbentang dari sisi tepian pantai hingga pagar pembatas jalan Anjungan Losari.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengatakan pelaksanaan peringatan HUT RI Ke-77 akan spektakuler. Selain itu, konsep yang diusung berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Nanti agak spektakuler, 5.000 meter bendera yang terdiri atas 65 (meter) kali 77 bendera itu akan menutupi pelataran Bugis dan Makassar (di anjungan Pantai Losari)," ujar Danny Pamanto kepada wartawan, Selasa (16/8).

Selain itu, berbeda dengan tahun sebelumnya yang mengusung tema lautan, tahun ini perayaan HUT RI ke-77 oleh Pemkot Makassar dipusatkan di daratan.



Simak Video " Tali Putus, Merah Putih Gagal Berkibar di Upacara HUT RI Pemkot Solo "
[Gambas:Video 20detik]
(alk/nvl)