8 Pegawai Bawaslu di Sulsel Dicatut Jadi Kader Parpol, Ada Komisioner

Xenos Zulyunico Ginting - detikSulsel
Selasa, 16 Agu 2022 13:39 WIB
Bawaslu Sulsel
Foto: Ibnu Munsir-detikcom
Makassar -

Bawaslu Sulsel menemukan delapan pegawai Bawaslu di tingkat kabupaten/kota dicatut menjadi kader partai politik (parpol). Salah satu nama yang dicatut merupakan seorang komisioner Bawaslu di Soppeng.

"Totalnya Sulsel ada 8 yang dicatut. 1 Komisioner dan 7 staf," ungkap Komisioner sekaligus Humas Bawaslu Sulsel Saiful Jihad kepada detikcom, Selasa (16/8/2022).

Saiful menjelaskan 1 komisioner dan 7 staf sekretariat yang dicatut NIK-nya berasal dari Bawaslu Kabupaten/Kota. Untuk pegawai Bawaslu di Provinsi sejauh ini belum ada yang ikut dicatut.

"Di provinsi tidak ada. Komisioner itu di Soppeng, kalau staf itu ada di Selayar, Bantaeng, Sidrap, Palopo, Luwu Utara, Parepare, dan Takalar," ujarnya.



Jajaran Bawaslu Sulsel yang namanya ada di Sistem Informasi Partai Politik (Sipol):

1. Komisioner Bawaslu Soppeng: 1 orang
2. Staf Bawaslu Kab. Sidrap: 1 orang
3. Staf Bawaslu Kota Parepare: 1 orang
4. Staf Bawaslu (Security) Kab. Lutra: 1 orang
5. Staf Bawaslu Kab. Selayar: 1 orang
6. Staf Bawaslu Kab. Bantaeng: 1 orang
7. Staf Bawaslu Kab. Takalar: 1 orang
8. Staf Bawaslu Kota Palopo: 1 orang



Sementara itu, Komisioner Bawaslu Divisi Pengawasan dan Komunikasi Antar Lembaga, Amrayadi mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk aktif melakukan pengecekan melalui fitur infopemilu di website kpu.go.id agar NIK-nya tidak dicatut oleh Partai Politik.

"Kami berharap seluruh masyarakat secara aktif mengecek NIK-nya melalui link yang ada, atau melaporkan ke Bawaslu setempat apabila merasa dicatut namanya. Terutama sekali kami imbau kepada pihak-pihak yang dilarang terlibat dalam partai politik, seperti ASN, TNI dan Polri," ujar Amrayadi.




Simak Video "Mendagri Penuhi Permintaan DPR, Dana Bantuan Parpol Naik Jadi Rp 3.000/Suara"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/hmw)