Berita Nasional

Ditinggal Berkebun, 4 Rumah Panggung di Enrekang Hangus Terbakar

Rachmat Ariadi - detikSulsel
Senin, 15 Agu 2022 13:46 WIB
Kebakaran 4 rumah di Enrekang.
Foto: Dokumen Istimewa.
Enrekang -

Kebakaran menghanguskan 4 rumah panggung di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kebakaran melanda saat seluruh penghuni dari ke-4 rumah itu sedang pergi berkebun.

"Iye ada 4 rumah panggung terbakar. Semuanya hangus karena rumah kayu jadi apinya cepat menyebar," kata Camat Malua, Sudirman kepada detikSulsel, Senin (15/8/2022).

Peristiwa kebakaran terjadi di Desa Tangru, Kecamatan Malua Enrekang sekitar pukul 11.00 Wita, pagi tadi. Api kebakaran diduga bersumber dari korsleting listrik di salah satu rumah.


"Dugaan sementara karena korsleting listing yang muncul di salah satu rumah. 4 rumah ini berdempetan dan rumah kayu semua jadi apinya cepat menyebar," ujar Sudirman.

Sudirman mengungkapkan, ke-4 rumah tersebut dihuni oleh 8 kepala keluarga. Saat peristiwa itu terjadi, semua penghuni rumah berada di kebun masing-masing sehingga tidak ada korban dari peristiwa kebakaran itu.

"Tidak ada yang tersisa, semua barang-barang di sana hangus karena penghuni rumahnya semuanya ke kebun saat kebakaran," ungkapnya.

Meski tidak menimbulkan korban jiwa, kerugian akibat kebakaran itu ditaksir mencapai miliaran rupiah. Pasalnya, 2 rumah di antaranya merupakan rumah kayu hitam atau Seppu'.

"Sekitar miliaran ini karena satu rumah kayu Seppu' saja itu harganya ratusan juta (rupiah)," beber Sudirman.



Simak Video "Miris! Sudah Setahun Siswa SD di Enrekang Belajar di Kolong Rumah Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/hmw)