Sulawesi Tenggara

Cuaca Buruk, Pesawat Jakarta Tujuan Kendari Dialihkan ke Makassar

Nadhir Attamimi - detikSulsel
Rabu, 10 Agu 2022 19:24 WIB
Ilustrasi pesawat
Foto: Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/Bahadur Ali)
Kendari -

Pesawat Garuda Indonesia rute Jakarta tujuan Kendari dialihkan ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Pesawat terpaksa putar balik karena penerbangan terkendala cuaca buruk.

"Dikarenakan bad weather (cuaca buruk). Semua pesawat kembali lagi ke Makassar karena cuaca dan kabut," General Manager (GM) PT Garuda Indonesia Tbk Cabang Kendari, Syaiful Bahri kepada detikcom, Rabu (10/8/2022).

Dari data yang diterima, pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 604 terbang pada Rabu (10/8) pukul 04.05 dari Jakarta menuju Sultan Hasanuddin Makassar.


Selanjutnya dari Makassar menuju Kendari berangkat pukul 08.25 Wita dan estimasi tiba di Bandara Haluoleo pukul 09.30 Wita. Namun karena cuaca buruk Garuda GA 604 kembali ke Makassar.

"(Pesawat membawa) penumpang bisnis 11 orang, ekonomi 144," bebernya.

Syaiful mengungkapkan pesawat sempat berputar di area udara Kendari sebelum kembali ke Makassar. Kabut dan cuaca buruk mengganggu jarak pandang pilot.

"Pesawat sempat holding (berputar), namun karena jarak pandang 2.000 meter yang tidak memungkinkan untuk mendarat, maka pesawat kembali lagi ke Makassar untuk alasan safety," ujar dia.

Setelah mendarat di Makassar, pesawat menunggu kemudian kembali terbang via Makassar dan tiba di Kendari pukul 14.50 Wita. Saat ini pesawat kembali mengudara dengan tujuan Jakarta.

"Dari Makassar pesawat tiba di Kendari pukul 14.50 Wita dan boarding kembali pukul 15.21 Wita untuk terbang ke Jakarta via Makassar," ungkap dia.

Syaiful memastikan tidak hanya Garuda yang kembali ke Makassar karena cuaca buruk. Namun beberapa pesawat juga terpaksa kembali.

"Bisa dicek dari pukul 08.00 Wita-13.00 Wita tidak ada pesawat di Bandara Haluoleo," pungkasnya.



Simak Video "Garuda Indonesia Ajukan Prosedur Pailit ke Pengadilan AS"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/nvl)