Jembatan di Luwu Putus Diterjang Luapan Sungai, 2 Dusun Terisolir

Arzad - detikSulsel
Rabu, 10 Agu 2022 18:28 WIB
Jembatan putus di Desa Siteba, Walenrang Utara, Luwu.
Foto: Jembatan putus di Desa Siteba, Walenrang Utara, Luwu. (Dok. Istimewa)
Luwu -

Jembatan sepanjang 6 meter di Desa Sitaba, Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, terputus diterjang luapan sungai. Akibatnya dua dusun di desa tersebut terisolir.

Peristiwa terputusnya jembatan yang menghubungkan Dusun Buka dan Dusun Makawa itu terjadi sekira pukul 00.15 Wita, Selasa (9/8/2022). Insiden ini terjadi di tengah hujan deras yang juga menyebabkan banjir.

"Dua dusun terisolir di Desa Siteba," ucap Pendamping Desa Siteba, Abdul Hasis kepada detikSulsel, Rabu (10/8).


Akses penghubung antardusun itu pun tak bisa dilalui. Warga sekitar terpaksa turun ke sungai untuk menyeberang dengan ketinggian air hingga betis orang dewasa.

"Jalan kaki di bawah sungai dan kendaraan juga tidak bisa mi lewat, kalau warga masih bisa ji lewat seberangi sungai," katanya.

Warga dan Pemerintah Desa saat ini berupaya membangun jembatan darurat agar warga dapat melintas tanpa harus turun ke sungai.

"Hasil pertemuan masyarakat dan pemerintah kemarin siang berupaya untuk membuat jembatan darurat," terang Abdul Hasis.

Tak hanya jembatan yang putus, terdapat juga longsor sepanjang 20 meter yang diakibatkan oleh banjir.

"Ada juga longsor jalan menuju dusun desa sekitar 20 meter diakibatkan oleh banjir," tandasnya.

Sementara Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Aminuddin mengaku baru mengetahui adanya insiden jembatan putus itu. Pihaknya pun segera berkoordinasi dengan pemerintah setempat untuk penanganan bencana.

"Tadi saya sudah kasih tahu sama Pak Desa Siteba langsung. Untuk penanganan ini Pak Desa bisa menggunakan dana desa untuk penanganan darurat menggunakan batang kelapa," ucap Aminuddin.

Selain pemerintah desa, ia juga telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum (PU) Luwu dalam mengupayakan perbaikan jembatan yang putus.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk penanganannya seperti Dinas PU," katanya.

Aminuddin berdalih, hambatan jaringan telekomunikasi menjadi faktor pihaknya terlambat menerima kabar tersebut. Apalagi Desa Siteba berada di wilayah pegunungan Walenrang Utara, Luwu.

"Informasinya memang lambat masuk karena jaringan di sana itu sulit, jadi kami harapkan dia (Pak Desa) tetap juga berkoordinasi dengan Dinas PU kami pun juga begitu," pungkasnya.



Simak Video "Polisi Selidiki Penyebab Putusnya Jembatan Gantung di Probolinggo"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/sar)