Legislator Sulsel Pesimis Anggaran Stadion Mattoanging Rp 67 M Terpakai

Xenos Zulyunico Ginting - detikSulsel
Rabu, 10 Agu 2022 17:33 WIB
Desain additional Stadion Mattoanging
Desain additional Stadion Mattoanging (Foto: Dok Dispora Sulsel).
Makassar -

Anggota Komisi E DPRD Sulawesi Selatan (Sulsel) Selle KS Dalle pesimis anggaran pembangunan Stadion Mattoanging Kota Makassar Rp 67 miliar bisa terpakai tahun ini. Sisa waktu pengerjaan dinilai sudah sangat terlambat bila baru ditender tahun ini.

"Di rapat pembahasan APBD perubahan itu kita akan bahas untuk minta ketegasan, bagaimana sesungguhnya ini anggaran? Kan kasihan rakyat Sulawesi Selatan, ada sejumlah uang yang kurang lebih Rp 67 miliar yang tidak terpakai. Kalau memang tidak bisa dipakai di Stadion Mattoanging, alihkan," ungkap Selle kepada detikSulsel, Rabu (10/8/2022).

Sehingga pihaknya akan mengevaluasi proyek-proyek yang tidak berjalan pada pembahasan APBD perubahan nanti. Menurutnya, Pemprov Sulsel mestinya mengelompokkan kegiatan tender mesti melihat kategorisasi konstruksi besar yang harus prioritas dan bisa terkejar penyelesaiannya.


"Jadi sekarang ini kan sudah mau masuk APBD Perubahan, saya sih pesimis ya, itu bisa terealisasi di APBD 2022 kalau begitu caranya Pemprov mengelola anggaran dan kegiatan. Ini kan konstruksi bersama, kalau awal-awal tahun sudah gagal tender maka sudah tanda gagal program itu," kata Selle.

Ketua Komisi A DPRD Sulsel, Selle KS DalleAnngota Komisi E DPRD Sulsel, Selle KS Dalle Foto: Noval Dhwinuari Antony-detikcom

Menurutnya, lambannya pembangunan Stadion Mattoanging ini mestinya menjadi catatan keras bagi Pemprov Sulsel. Menurutnya dengan waktu yang mepet, tidak ada perusahaan yang mau ambil risiko denda di akhir tahun apabila proyek pembangunan Stadion Mattoanging tidak selesai sampai Desember 2022.

"Karena dari sisi waktu sudah terlambat sekali ini. Ini yang kita sayangkan. Karena sejak dari awal, sejak ABPD Pokok itu sudah dialokasikan anggaran. Apa masalahnya?" katanya.

Sementara Kadispora Sulsel, Andi Arwin Azis yang dikonfirmasi detikSulsel belum memberikan tanggapan terkait lambannya proses tender Stadion Mattoanging. Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sulsel, Asrul Sani yang berusaha dikonfirmasi juga belum memberikan tanggapan hingga berita ini diturunkan.

Pemprov Sulsel sebelumnya menyebut tender ulang proyek Stadion Mattoanging untuk ketiga kalinya direncanakan berjalan secepatnya. Namun prosesnya disebut masih menunggu reviu harga perkiraan sementara (HPS) di Inspektorat Pemprov Sulsel sehingga tender belum berjalan.

"Masih di-reviu di Inspektorat HPS-nya. Kan di atas Rp 10 (miliar) harus direviu HPS-nya. Itu kami belum terima," kata Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Asrul Sani saat ditemui di gedung DPRD Sulsel, Kamis (28/7).

Selain hasil reviu HPS dari Inspektorat Pemprov Sulsel, pihaknya juga masih menunggu dokumen teknis terkait jangka waktu pelaksanaan proyek Stadion Mattoanging. Ini juga penting karena terkait penggunaan anggaran hingga akhir tahun.

"Belum ada kita terima (dokumen) jangka waktu pelaksanaannya bekerja. Mengingat sisa waktu yang tersedia," jelasnya.



Simak Video "Mencicipi Makanan Hotel yang Dimasak oleh Koki Handal, Makassar"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/nvl)