Suporter Nekat Bawa Ganja Saat Nonton PSM di Parepare Terancam 20 Tahun Bui

Muhclis Abduh - detikSulsel
Selasa, 09 Agu 2022 22:43 WIB
Ganja yang dibawa salah seorang suporter saat nobar PSM di Parepare. (dok. Istimewa)
Foto: Ganja yang dibawa salah seorang suporter saat nobar PSM di Parepare. (dok. Istimewa)
Parepare -

Suporter inisial AH (37) ditangkap polisi karena kedapatan membawa 4 gram ganja saat akan nonton PSM Makassar di Stadion BJ Habibie, Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel). AH kini jadi tersangka dan terancam 20 tahun penjara.

"Kita dapatkan ganja kering masih berupa bubuk daun seberat 4 gram," ungkap Kasat Narkoba Polres Parepare, AKP Bambang Supriady kepada detikSulsel, Selasa (9/8/2022).

Bambang menjelaskan, kronologi penangkapan Arman bermula saat yang bersangkutan hendak menonton laga PSM Makassar Vs Persija Jakarta Jumat (5/8) sekitar pukul 16.30 wita di Stadion Gelora BJ Habibie. Saat dilakukan pemeriksaan, petugas mendapatkan ganja kering di tas yang dibawa AR.


"BB ganja ditemukan pada saat pemeriksaan tas yang dibawa pelaku yang hendak masuk ke Stadion Gelora BJ Habibie," jelasnya.

Arman merupakan warga Kelurahan Baji Mappakasungu, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar. Pelaku mengaku mendapatkan barang haram tersebut dari salah seorang pengedar di Makassar. Namun mengelak memberikan identitas lengkap pengedar kepada polisi.

"Dia dapat dari Makasar, dia bilang dari OTK (orang tidak dikenal)," jelasnya.

Adapun barang bukti yang diamankan yakni satu botol plastik warna putih berisikan daun ganja kering dengan berat 4 gram dan satu bungkus rokok rokok berisikan 3 linting daun kering ganja seberat 0,5 gram.

Pihaknya pun mengaku terus melakukan pengembangan untuk dapat menangkap pengedar tempat AR mendapatkan barang.

"Masih kita selidiki data orang tempat AR beli barang," paparnya.

Adapun pelaku disangkakan melanggar Pasal 114 ayat (1) subsider Pasal 111 ayat (1) Undang-undang No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

"Ancaman hukuman 5 sampai 20 tahun penjara," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, dua suporter PSM Makassar ditangkap gegara membawa ganja dan badik saat hendak menyaksikan pertandingan.

"Anggota tadi mengamankan dua orang suporter. Ada yang karena membawa badik dan ada yang karena membawa ganja," ungkap Kapolres Parepare, AKBP Andiko Wicaksono kepada detikSulsel, Jumat (5/8).



Simak Video "Bentrok Sesama Suporter PSM Makassar di Parepare"
[Gambas:Video 20detik]
(nvl/nvl)