Satpol PP dan Damkar Barru Usul Rp 150 Juta untuk Tambah Personel-Insentif

Muhclis Abduh - detikSulsel
Selasa, 09 Agu 2022 15:17 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Kontroversi Anggaran DKI (Ilustrator: Luthfy Syahban/detikcom)
Foto: Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Kontroversi Anggaran DKI (Ilustrator: Luthfy Syahban/detikcom)
Barru -

Satpol PP dan Damkar Barru, Sulawesi Selatan (Sulsel) meminta tambahan anggaran Rp 150 juta saat pembahasan KUA-PPAS 2023. Tambahan anggaran ini akan dialokasikan untuk menambah personel baru dan insentif bagi petugas.

"Satpol PP dan Damkar minta tambahan anggaran Rp 150 juta untuk menambah personel dan insentif," ungkap Ketua Komisi I DPRD Barru, Syahrul Ramdani saat dikonfirmasi detikSulsel, Selasa (9/8/2022).

Syahrul menjelaskan, permintaan penambahan anggaran untuk penambahan personel dan insentif tersebut masih sekadar usulan. Pembahasannya akan ditindaklanjuti antara Banggar DPRD Barru dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Barru.


"Masih sebatas pengusulan nanti dibahas di Banggar bersama TAPD apakah usulannya diterima atau tidak," jelasnya.

Terkait usulan penambahan personel di Satpol PP dan Damkar, lanjutnya, jika nantinya disetujui, maka penambahan personel bukan lagi sebagai tenaga honorer, tetapi statusnya PPPK atau outsourcing.

"Iya, (bukan honorer) tetapi nanti kemungkinan PPPK atau outsourcing," jelasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Satpol PP, Damkar dan Penyelamatan Barru Andi Jalil Mappiare enggan berkomentar terkait usulan penambahan personel dan insentif tersebut. Ia berdalih nanti akan menjelaskan jika disetujui.

"Belum bisa berkomentar terkait itu. Nantilah saya jelaskan," paparnya.

Sementara Sekretaris Satpol PP dan Damkar Barru, Adhy Fatriah, mengungkapkan jumlah keseluruhan personel Damkar dan Satpol PP mencapai 250 orang. Rinciannya, Satpol PP sebanyak 100 orang, sementara Damkar sebanyak 150 orang.

"Jumlahnya masih kurang dari kebutuhan kita saat ini," sebutnya.

Idealnya jumlah personel untuk Satpol PP menurutnya ada tambahan sekitar 100 orang lagi. Akan tetapi kondisi saat ini, personel Satpol PP di sejumlah kecamatan disebutnya masih kurang.

"Seharusnya ada 100 personel yang terbagi ke setiap kecamatan," paparnya.

Adapun untuk personel Damkar ia mengaku idealnya masih membutuhkan sekitar 150 orang tambahan. Jumlah ini menyesuaikan dengan mobil Damkar yang ada saat ini yakni 11 unit.

"Damkar saja itu mungkin kita butuh 300 orang, kita butuh setengahnya lagi," tegasnya.



Simak Video "Momen Satpol PP Bubarkan Massa di Citayam Fashion Week Sudirman"
[Gambas:Video 20detik]
(hsr/tau)