Ikan Paus Terdampar di Pesisir Bulukumba, Warga Ramai-ramai Mendekat

Isak Pasa'buan - detikSulsel
Kamis, 04 Agu 2022 21:40 WIB
Ikan paus terdampar di pesisir Bulukumba, Sulawesi Selatan.
Foto: Ikan paus terdampar di pesisir Bulukumba, Sulawesi Selatan. (dok. istimewa)
Bulukumba -

Seekor ikan paus ditemukan terdampar di pesisir laut Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel). Lokasinya yang tak jauh dari permukiman membuat warga ramai-ramai mendekat.

"Iya ikan paus ditemukan terdampar tidak jauh dari tempat tinggal warga," kata Kapolsek Kajang AKP Rahman saat dikonfirmasi detikSulsel, Kamis (4/8/2022).

Ikan dengan berat kurang lebih 3 ton ini ditemukan terdampar di wilayah Babalaikang, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, sekitar pukul 01.30 Wita, Rabu (3/8). Ikan tersebut ditemukan seorang nelayan.


"Ikan itu pertama kali ditemukan warga bernama Amirullah, nelayan di sini (Bulukumba)," sebutnya.

Rahman menerangkan, warga bersama pemerintah dan kepolisian setempat telah mengevakuasi ikan tersebut masuk ke tengah laut. Proses evakuasinya melibatkan kurang lebih 40 orang gabungan masyarakat dan pemerintah. Mereka mengevaluasi ikan raksasa itu menggunakan tiga buah kapal nelayan.

"Kemarin sudah dievakuasi sama masyarakat dan pemerintah setempat cuman memang setelah digiring keluar (tengah laut) dia tetap masuk lagi (ke tempat semula). Katakan ikannya sudah kurang kuat, sudah berumur," ucap Rahman.

Hingga saat ini, ikan raksasa itu disebut masih berada di posisi yang sama di pesisir pantai. Pemerintah daerah telah menghubungi Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sulsel untuk turun langsung mengambil tindakan.



Simak Video "Bersantai Mengapung di Air Laut yang Jernih, Bulukmba"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/tau)