Sulawesi Utara

Kearifan Lokal Warnai Film Uti deng Keke, Bupati Minut Ikut Terlibat

Trisno Mais - detikSulsel
Rabu, 03 Agu 2022 00:15 WIB
Pemeran film Uti deng Keke.
Foto: Pemeran film Uti deng Keke. (Trisno Mais/detikcom)
Manado -

Film 'Uti deng Keke' yang berlatar belakang Gorontalo dan Sulawesi Utara bakal tayang di bioskop Indonesia. Film yang menawarkan kearifan lokal ini bakal melibat Bupati Minahasa Utara (Minut) Joune Ganda ikut berakting dalam film ini.

"Selain mengangkat latar belakang Gorontalo dan Sulawesi Utara khususnya Minahasa Utara dalam hal keragaman dan dinamika kehidupannya," tutur eksekutif produser, Hartono saat konferensi pers di CLIN Food Megamas Manado, Senin (1/8/2022).

Film yang bicara toleransi antar umat beragama bakal tayang Oktober mendatang. Sinema garapan rumah produksi Gema Production ini juga akan menampilkan dialog bahasa daerah.


"Film ini juga makin memperkenalkan bahasa daerah masing-masing, tentunya ada juga bahasa Indonesia," paparnya.

Hartono menceritakan kisah singkat dari cerita film tersebut. Uti deng Keke adalah film persahabatan dua anak dari remaja hingga SMA yang memiliki latar belakang agama dan suku yang berbeda.

"Ceritanya tentang dinamika persahabatan dua anak daerah ini hingga akhirnya ada ketertarikan dan memutuskan untuk bersahabat," urai dia.

Dinamika kehidupan anak-anak remaja dan keluarganya di dua daerah akan diulas. Kisahnya tidak akan lepas dari pelajaran tentang toleransi serta persatuan dan kesatuan bangsa.

"Lokasi syutingnya sesuai dengan latar cerita yaitu di Gorontalo dan Minahasa Utara, termasuk destinasi wisata yang ada di dua daerah ini," ujarnya.

Film Uti deng Keke bakal dibintangi aktor nasional maupun lokal. Termasuk didukung aktor ternama lainnya, yakni Gary Ishak, Mongol Stress, Addin Hidayat, Fannita Posumah, Rency Milano.

Sementara untuk artis lokal, seperti Didi Roa dan Tanta Lala juga ikut berperan dalam film tersebut. Selain itu, akan ada penampilan spesial dari Bupati Minahasa Utara Joune Ganda yang akan ikut berakting dalam film ini.

Ada pula pemeran Maria kecil atau Keke yaitu Lana Victoria yang berusia 14 tahun. Victoria merupakan salah satu remaja asal Manado yang baru memulai debut aktingnya di film tersebut.

Selain itu, akan ada penampilan spesial dari Bupati Minahasa Utara Joune Ganda yang akan ikut berakting dalam film ini.

Dia membeberkan film tersebut bakal mulai tayang pada bulan Oktober 2022. Film bertema keluarga ini bisa disaksikan untuk segala usia.

"Rencananya 20 atau 28 Oktober," pungkas Hartono.

Sementara pemeran Lana Victoria yang berperan sebagai Keke mengaku bahagia ketika diberi kesempatan untuk shooting dalam film tersebut. Victoria merupakan salah satu remaja asal Manado yang baru memulai debut aktingnya di film tersebut.

"Pertama-tama bersyukur dan berterima kasih atas kesempatan. Karena bisa shooting dan jadi Keke kecil," tutur Victoria.

Dia pun mengaku punya kesan tersendiri bisa shooting bersama Mongol Stres. Salah satu komika ternama di Indonesia.

"Senang bisa shooting bersama Kaka Mongol, karena selalu diarahkan," pungkasnya.



Simak Video "Sejarah! Sudah 8 Film Indonesia Raih 2 Juta Penonton Tahun Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(sar/asm)