Sulawesi Tengah

Jalan Poros Parimo-Poso Sempat Macet Parah usai Diterjang Banjir Bandang

Ajir Mahmud - detikSulsel
Jumat, 29 Jul 2022 22:30 WIB
Jalan penghubung Parimo dan Poso macet buntut banjir bandang yang menerjang wilayah Toure.
Foto: Dokumen Istimewa.
Parigi Mautong -

Banjir bandang yang menerjang wilayah Kecamatan Torue, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Sulawesi Tengah (Sulteng) mengakibatkan kemacetan di jalan penghubung Parimo-Poso. Kemacetan arus lalu lintas (lalin) itu disebabkan oleh padatnya kendaraan di Desa Torue.

"Pemicu macet arus lalu lintas ini karena banyak kendaraan warga di lokasi banjir," ungkap Kapolres Parimo AKBP Yudy Arto Wiyono kepada wartawan, Jumat (29/7/2022).

Terganggunya arus lalu lintas di Desa Torue karena banyaknya warga yang datang, sehingga jalan trans penghubung Kabupaten Parimo dan Kabupaten Poso terjadi macet.


"Jadi banyak kendaraan warga yang terparkir di jalan, itu warga yang datang memberikan bantuan dan ada yang hanya datang menonton," ujarnya.

Adapun kemacetan terjadi sejak pagi hari sampai pada pukul pukul 19.00 Wita dengan jarak sekitar 3 km. Menurut Yudy macet bisa teratasi kalau warga tidak memarkirkan kendaraannya di badan jalan.

"Kalau tidak parkir di badan pasti tidak ada gangguan lalulintas, ada jalur alternatif namun dipenuhi lumpur jadi masyarakat takut nanti terjebak di dalam," jelasnya.

Sebelumnya, banjir bandang menerjang Kecamatan Torue, Kabupaten Parimo, sekitar pukul 22.00 Wita pada Kamis (28/7) akibat intensitas hujan yang cukup tinggi. Banjir bandang datang secara tiba-tiba hingga sejumlah warga terjebak dalam rumah.

Peristiwa itu tiga warga dilaporkan meninggal dan empat orang dinyatakan hilang.

"Saat ini ada 3 orang korban meninggal dunia dan 4 orang dinyatakan hilang masih dalam proses pencarian di Desa Torue," ungkap Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong, Rifai kepada detikcom, Jumat (29/7).



Simak Video "Jembatan Putus, Pelajar di Garut Terpaksa Naik Perahu Karet ke Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/sar)