Urutan Nama Planet Tata Surya, Sejarah Penamaan dan Fakta-faktanya

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Kamis, 28 Jul 2022 17:05 WIB
gerhana bulan dan planet tata surya
Ilustrasi urutan nama planet tata surya (Foto: NASA)
Makassar -

Urutan nama planet tata surya disusun berdasarkan jarak terdekat hingga terjauh dari matahari. Berdasarkan data Jet Propulsion Laboratory (JPL) The National Aeronautics and Space Administration (NASA) terdapat terdapat 8 planet dalam tata surya.

Tata Surya memiliki delapan planet yang mengorbit Matahari. Berdasarkan jaraknya dari matahari, urutan nama planet tata surya yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Sebelumnya, Pluto termasuk dalam urutan nama planet tata surya. Namun, Persatuan Astronomi Internasional (International Astronomical Union/IAU) mengubah status Pluto pada tahun 2006 dari sebuah planet menjadi planet kerdil.


Planet terbesar dalam tata surya adalah Jupiter. Sedangkan planet terkecil sekaligus terdekat dari matahari adalah Merkurius.

Melansir Cool Cosmos, Website Pendidikan Astronomi Inframerah NASA, urutan nama planet tata surya diberikan berdasarkan nama Dewa-Dewi Romawi dan Yunani, terkecuali Bumi. Penamaan ini disesuaikan dengan sifat serta fakta-fakta yang meliputi planet tersebut.

Berikut urutan nama planet tata surya lengkap dengan penjelasan sejarah penamaan serta fakta-faktanya:

1. Planet Merkurius

Urutan nama planet tata surya pertama adalah Merkurius. Planet Merkurius memiliki jarak terdekat dengan matahari yakni 57,900,000
kilometer (km).

Planet Merkurius memiliki diameter 4,879 km. Planet Merkurius memiliki permukaan berbatu abu-abu gelap yang ditutupi dengan lapisan debu tebal yang diperkirakan terdiri dari batuan silikat beku dan debu.

Nama Planet Merkurius diambil dari nama dewa urusan Romawi, Merkurius. Dewa Merkurius juga merupakan dewa para pelancong.

Menurut mitos, dia memiliki topi dan sandal bersayap, sehingga dia bisa terbang. Nama ini disematkan karena Planet Merkurius adalah planet tercepat saat bergerak mengelilingi matahari.

2. Planet Venus

Urutan nama Planet Tata Surya ke dua adalah Venus. Jarak Planet Venus dari matahari mencapai 108,200,000 km dan memiliki diameter 12,104 km.

Planet Venus memiliki warna agak kekuningan. Warna ini diciptakan atmosfer karbon dioksida yang tebal dan awan asam sulfat yang menyelimuti Planet Venus.

Planet Venus juga dijuluki sebagai bintang fajar. Hal ini karena Planet Venus merupakan salah satu objek paling terang di langit malam.

Planet Venus sangat cerah karena awan tebalnya memantulkan sebagian besar sinar matahari yang mencapainya (sekitar 70%) kembali ke luar angkasa, dan karena Planet Venus terdekat dengan Bumi maka dapat terlihat di langit. Planet Venus sering terlihat dalam beberapa jam setelah matahari terbenam atau sebelum matahari terbit.

Penamaan Planet Venus juga diambil dari nama Dewa Romawi. Planet terdekat dengan Bumi ini dinamai menggunakan nama dewi cinta dan kecantikan Romawi, Venus. Sesuai dengan penampilan Planet Venus yang terang di langit malam.

Selanjutnya ada Planet Bumi...