Cerita Warga Bone yang Nyaris Dimangsa 2 Ular Piton saat Berburu Babi

Agung Pramono - detikSulsel
Jumat, 22 Jul 2022 21:43 WIB
Dua ular piton di Bone dengan panjang masing-masing 7 meter.
Foto: Dua ular piton di Bone dengan panjang masing-masing 7 meter. (Dok. Istimewa)
Bone -

Warga Kecamatan Cina, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) Awal (28) dan anjing miliknya nyaris dimangsa ular piton saat berburu babi. Awal menceritakan ular piton yang panjangnya 7 meter itu sempat mengamuk sebelum akhirnya dibunuh.

"Kejadiannya Minggu (17/7). Saya bersama rekan berangkat berburu babi di hutan saat itu," ungkap Awal kepada detikSulsel, Jumat (22/7/2022).

Awal berangkat sejak pukul 03.00 Wita menuju Desa Bone Pute, Kecamatan Tonra, Kabupaten Bone untuk berburu babi. Sekitar pukul 05.00 Wita, dia tiba di lokasi. Awal bersama rekannya kemudian berpencar di hutan untuk mencari babi. Janjian bertemu di titik kumpul pada pukul 07.00 Wita.


Saat mulai masuk kawasan hutan, suara gonggongan anjing lain terus bergemuruh. Ada babi yang dikejar. Anjing milik Awal juga menggonggong terus menerus, tetapi anjingnya tidak menggonggong ke arah babi yang rekannya Awal kejar.

"Saya sedang menunggu babi yang digiring menuju ke arahku," tuturnya.

Namun Awal mengaku heran saat anjing-anjingnya menggonggong ke arah lain. Lantaran penasaran, dia mengeceknya langsung. Anjingnya dia temukan justru menggonggong ke arah suatu lubang.

"Saya ada kepala ular yang sedikit keluar dari lubang. Saya lempari dan langsung keluar mengamuk mau menerkam anjing saya," bebernya.

Saat ularnya mengamuk ke arahnya, Awal sempat menusuk ular tersebut menggunakan tombak 1 kali.

"Saya tusuk dulu pakai tombak. Baru saya cari kayu panjang untuk pukul-ki itu ular sampai mati," jelasnya.

"Setelah mati, baru saya panggil warga yang juga ikut berburu untuk mengangkat ular itu karena besar sekali. Lebih besar dari paha orang dewasa itu ukurannya," sambung



Simak Video "Petugas Evakuasi Ular Piton Sepanjang 4,5 Meter di Jaktim"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/asm)