Sulawesi Utara

Jenazah Perantau Asal Sulut Korban KKB di Nduga Papua Batal Dipulangkan

Trisno Mais - detikSulsel
Jumat, 22 Jul 2022 17:39 WIB
c
Ibadah pemakaman yang dilakukan secara virtual (Foto: Trisno Mais/detikcom)
MInahasa Utara -

Jenazah Roy Manampiring yang menjadi korban kekejaman kelompok kriminal bersenjata (KKB) di hutan belantara Nduga, Papua batal dipulangkan ke Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut). Kondisi jenazahnya sudah tidak memungkinkan untuk diterbangkan ke kampung halaman sehingga dimakamkan di Papua.

"Almarhum sudah tidak dibawa karena katanya sudah tidak memungkinkan," kata istri Roy, Yovani Lintjewas (45), saat ditemui detikcom di kediamannya di Desa Pinilih Kecamatan Dimembe, Minahasa Utara, Jumat (22/7/2022).

Yovani menjelaskan jenazah Roy disemayamkan di RS Timika. Setelah itu jenazah lalu dibawa ke tempat pemakaman umum SP2 Timika. Ibadah pemakaman kemudian dilakukan melalui live streaming.


"Mungkin sudah tidak bawa di rumah, ibadah dari rumah sakit. Nanti dari situ di bawa ke pemakaman di SP2," ujarnya.

Dia mengaku pasrah sekalipun acara pemakaman hanya mengikuti dengan cara virtual. Masalahnya keadaan sudah tidak memungkinkan jadi pihaknya hanya pasrah.

"Kami terima saja, jauh lagi, anak-anak rindu," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Roy Manampiring turut jadi korban tewas KKB di Nduga, Papua. Pihak keluarga kini menunggu kepastian pemulangan jenazah korban.

"Jenazah sudah ada di Puskesmas Kenyam, mungkin pagi ini dari Puskesmas Kenyam dibawa ke Timika," kata keluarga Roy, Stela Lintjewas (36) saat ditemui detikcom di rumahnya di Minahasa Utara, Kamis (21/7).

Kendati begitu, pihaknya masih belum mengetahui soal kepastian pemulangan jenazahnya ke Minut, Sulut.

"Tetapi mau bawa ke sini (Minahasa Utara red) belum tahu kapan. Soalnya masih harus urus surat -surat juga," katanya.



Simak Video "Suasana Haru Pemakaman Billy Korban Penembakan KKB di Papua"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/asm)