Berita Nasional

Cerita Meninggalnya Pilot Citilink Surabaya-Makassar Usai Mendarat Darurat

Tim detikNews, Tim detikJatim - detikSulsel
Jumat, 22 Jul 2022 08:30 WIB
Pesawat Citilink
Ilustrasi pesawat Citilink Indonesia. Foto: Citilink
Surabaya -

Pesawat Citilink Indonesia rute Surabaya-Makassar terpaksa melakukan pendaratan darurat kembali ke Bandara Juanda, Surabaya. Pilot mengalami darurat kesehatan setelah 15 menit mengudara hingga akhirnya dinyatakan meninggal dunia usai mendarat.

Awalnya, pesawat dengan nomor penerbangan QG 307 itu lepas landas pada Kamis (21/7) pukul 06.00 WIB. Namun perjalanan berubah arah kembali ke Bandara Juanda, Surabaya akibat pilot sakit di tengah penerbangan menuju Makassar.

"Penerbangan QG307 rute Surabaya ke Ujung Pandang (Makassar) diberangkatkan sesuai jadwal pada pukul 06.00 WIB. Setelah kurang lebih 15 menit mengudara, penerbangan tersebut kembali mendarat di Surabaya dikarenakan pilot kami mengalami darurat kesehatan," kata Direktur Utama PT Citilink Indonesia Dewa Kadek Rai dalam keterangan resmi, dilansir detikTravel, Kamis (21/7/2022).


"Pesawat tersebut telah mendarat kembali pukul 07.00 WIB di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya dengan baik dan selamat," terangnya.

Saat itu, pilot langsung ditangani oleh dokter di rumah sakit terdekat. Dewa mengungkapkan petugas darat bersama seluruh stakeholders di Bandara Juanda Surabaya telah mempersiapkan prosedur penanganan evakuasi darurat kesehatan dengan sangat cepat dan baik.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter dari pihak rumah sakit setempat disampaikan bahwa pilot kami dinyatakan telah meninggal dunia," ujar Dewa.

Usai dinyatakan meninggal dunia, jenazah pilot langsung diterbangkan ke kampung halamannya. Almarhum disemayamkan dengan prosedur yang berlaku.

"Almarhum akan diterbangkan langsung pada hari ini dari Surabaya menuju Jakarta dan jenazah akan disemayamkan di Jakarta sesuai dengan penanganan prosedur yang berlaku," tambahnya.

Dewa menyebut telah dilakukan penggantian pesawat dan seluruh crew usai pesawat mendarat darurat. Penerbangan tersebut telah kembali take off menuju Makassar pada pukul 10.46 WIB.

Pesawat Angkut 171 Penumpang

Pesawat Citilink Indonesia rute Surabaya-Makassar dengan nomor penerbangan QG307 ini mengangkut 171 penumpang. Seluruh penumpang selamat dan kembali take off ke Makassar dengan aman.

"Sejumlah 171 penumpang terbang lagi menggunakan Pesawat Citilink Ex Samarinda dengan flight number yang sama QG307 take off jam 10.58 WIB," kata Humas PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Internasional Juanda Yuristo Ardi Hanggoro dilansir detikJatim, Kamis (21/7).

Yuristo menjelaskan pendaratan darurat ini dilakukan karena pilot pesawat mengalami darurat kesehatan setelah 15 menit mengudara. Pilot akhirnya meninggal dunia setelah pendaratan darurat.

"Pagi tadi kami mendapat report ada permintaan emergency landing dari Citilink QG307 Surabaya-Makassar karena pilot incapacity, yakni sakit di atas pesawat. Pesawat take off 06.10 WIB dan mendarat kembali pukul 06.56 WIB," sebutnya.



Simak Video "Pesawat Citilink dari Banjarmasin-Jakarta Mendarat Darurat di Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/hmw)