Panduan Lengkap Zoom Meeting Buat Rapat Hingga Presentasi

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Kamis, 21 Jul 2022 02:23 WIB
Aplikasi video conference Zoom mengakuisisi Keybase untuk meningkatkan keamanan terenkripsi secara end-to-end
Ilustrasi aplikasi Zoom Meeting (Foto: Zoom)
Makassar -

Zoom Meeting menjadi salah satu aplikasi video teleconference yang digunakan untuk pertemuan secara virtual. Zoom Meeting biasanya digunakan untuk rapat maupun sekolah online.

Zoom Meeting memiliki berbagai fitur menarik yang memungkinkan rapat maupun sekolah online bisa berjalan dengan lebih efektif. Untuk dapat mengunakan semua fitur tersedia, pengguna perlu mengetahui cara menggunakan Zoom Meeting dengan maksimal.

Sebelum menggunakan Zoom Meeting, pengguna perlu menginstal aplikasi Zoom Meeting pada perangkat terlebih dahulu. Setelah itu, pengguna juga perlu mendaftarkan akun dengan memasukkan sejumlah informasi seperti email dan nama pengguna.


Jika pengguna masih kesulitan menggunakan aplikasi Zoom Meeting, tidak perlu khawatir karena detikSulsel telah merangkumnya pada artikel ini. Berikut panduan lengkap cara menggunakan Zoom Meeting:

1. Cara Download Zoom Meeting

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menggunakan Zoom Meeting adalah men-download aplikasinya terlebih dahulu. Aplikasi Zoom Meeting bisa diinstall melalui berbagai perangkat baik dari laptop maupun smartphone.

Untuk pengguna smartphone Android dapat men-download zoom meeting melalui Play Store dan iPhone melalui App Store dengan kata pencarian "Zoom Cloud Meetings". Sementara untuk men-download Zoom Meeting di komputer atau laptor dapat mengikuti langkah berikut:

- Buka situs resmi Zoom Meeting dengan cara klik laman zoom.us
- Pada halaman utama, scroll ke bawah lalu klik opsi 'Download'
- Selanjutnya, pilih 'Zoom Desktop Client' lalu klik 'Download'
- Buka folder 'Zoominstaller.exe' yang telah didownload sebelumnya, klik untuk melanjutkan proses instalasi secara otomatis
- Tunggu beberapa saat sampai zoom berhasil diinstal pada laptop

2. Cara Membuat Akun Zoom Meeting

Setelah mendownload aplikasi Zoom Meeting, pengguna harus melakukan pendaftaran dengan cara membuat akun Zoom Meeting. Cara untuk membuat akun Zoom Meeting bisa dengan mengikuti langkah berikut ini:

- Klik https://zoom.us/signup untuk masuk ke laman pendaftaran Zoom Meeting, atau buka aplikasi Zoom Meeting yang telah diinstall pada smartphone
- Isi data tanggal lahir untuk memverifikasi umur pengguna, lalu klik 'Continue'
- Masukkan alamat email yang ingin didaftarkan, lalu klik 'Sign Up'
- Selanjutnya, cek email yang masuk dari Zoom, klik 'Activate Account' pada email email untuk melakukan proses aktivasi akun
- Setelah proses aktivasi akun berhasil, kembali ke halaman zoom
- Lengkapi data berupa nama, password, konfirmasi password, lalu klik 'Continue'
- Tambahkan alamat email teman yang ingin diundang menggunakan Zoom Meeting, atau klik ' Skip this Step' untuk melanjutkan ke proses selanjutnya
- Centang 'I'm Not A Robot' pada bagian captcha yang muncul
- Klik tombol 'Go to My Account' untuk kembali ke akun yang telah didaftarkan

Selanjutnya cara memulai rapat...