Jurus Pemprov Kalteng Genjot Perdagangan-Investasi Produk Unggulan

Angga Laraspati - detikSulsel
Rabu, 13 Jul 2022 10:09 WIB
Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo
Foto: Pemprov Kalteng
Jakarta -

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) menggelar Kalteng Expo 2022 sejak 12 Juli hingga 16 Juli mendatang. Kegiatan ini diselenggarakan guna meningkatkan promosi dan informasi peluang investasi, serta produk-produk komoditas unggulan Kalimantan Tengah yang berorientasi pada ekspor.

Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para pihak yang telah bekerja hingga event Kalteng Expo Tahun 2022 yang digelar di Area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya ini dapat terlaksana.

"Kalteng Expo 2022 merupakan agenda tahunan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah yang ke-65, yang mana dua tahun sebelumnya tidak dapat kita laksanakan karenakan pandemi COVID-19 yang melanda", tutur Edy dalam keterangan tertulis, Rabu (13/7/2022).


Dengan diselenggarakannya Kalteng Expo ini, diharapkan dapat menciptakan wahana interaksi bisnis langsung maupun jangka panjang dan menjalin kerja sama yang saling menguntungkan antar pelaku usaha, pembeli dan investor.

Sasarannya adalah untuk mendorong masuknya investasi ke daerah Kalteng sekaligus mengembangkan dan meningkatkan volume perdagangan produk unggulan daerah se-Kalteng, baik itu di bidang investasi, perdagangan, industri, teknologi, SDM, dan lain-lain.

Kegiatan juga dilakukan untuk meningkatkan kemitraan di antara pelaku usaha, nilai tambah, efisiensi dan produktivitas daerah. Diharapkan juga bisa sebagai sarana yang efektif untuk mendorong produk lokal lebih meningkatkan kualitas, kreativitas dan produktivitasnya dengan calon-calon investor agar tertarik membangun investasi di daerah khususnya Kalteng.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan para pelaku usaha UMKM/IKM dapat mengikuti perkembangan dan permintaan para konsumen serta senantiasa mengikuti dan mempertimbangkan isu-isu perdagangan nasional.

Seperti produk yang ramah lingkungan dan produk yang peduli akan kesehatan sekaligus dengan memunculkan dan memanfaatkan brand atau merk untuk produk yang dihasilkan.

Diharapkan juga dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalisme SDM dalam sektor jasa dengan menyajikan data dan informasi yang berkualitas, kreatif, dan produktif untuk kepentingan investasi dalam rangka mempromosikan daerah.

Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan kegiatan Kalteng Expo tahun 2022 dilaksanakan di Area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya diikuti peserta berjumlah 150 stand yang terbagi dalam stand indoor, stand outdoor serta hiburan dan pasar rakyat.

"Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk peran serta Pemprov Kalteng dalam upaya pemulihan ekonomi masyarakat khususnya di wilayah Kalteng dan sebagai media promosi bagi potensi dan produk unggulan daerah sehingga dapat menarik minat investor baik dari dalam maupun luar negeri serta memupuk kecintaan dan kepercayaan terhadap produksi dalam negeri dalam rangka meningkatkan kemampuan bersaing di pasar global," tutur Nuryakin.



Simak Video "Santap Lezat Kuliner Khas Palangkaraya"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)