Maluku

Profil Gubernur Maluku Murad Ismail yang Tantang Warganya Duel: Eks Brimob

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Senin, 11 Jul 2022 13:40 WIB
Gubernur Maluku, Murad Ismail.
Gubernur Maluku Murad Ismail (Foto: Muslimin Abbas/detikcom)
Ambon -

Gubernur Maluku Murad Ismail viral setelah video dirinya menantang warganya berduel tersebar di media sosial. Warga tersebut diketahui meneriakkan nama Murad Ismail berkali-kali hingga akhirnya Murad merespons dengan menantang warga yang berteriak tersebut untuk berduel.

Murad Ismail menjabat sebagai Gubernur Maluku sejak 2019 lalu. Murad Ismail resmi memimpin Maluku bersama wakilnya Barnabas Orno setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo pada 24 April 2019 lalu.

Sebelum menjabat sebagai Gubernur Maluku, Murad punya karier panjang di kepolisian. Bahkan dia menjadi purnawirawan dengan pangkat terakhir jenderal bintang dua atau Irjen.


Dilansir dari website resmi Provinsi Maluku, Murad Ismail merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) di tahun 1985. Pada tahun 2010 Murad Ismail menjalani pendidikan SESPIMTI.

Mengutip Lemdiklat Polri, pendidikan SESPIMTI merupakan level pendidikan pengembangan umum tertinggi di Polri yang memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan manajerial dan kepemimpinan organisasi tingkat tinggi dan menyiapkan para peserta didiknya menjadi pemimpin maupun manajer di tingkat nasional.

Pria yang lahir di Ambon pada 11 September 1961 ini dikenal memiliki pengalaman yang banyak di bidang kepolisian. Bahkan jejak karir Murad Ismail di kepolisian sangat cemerlang.

Murad Ismail tercatat pernah menduduki sejumlah posisi penting di kepolisian. Diantaranya pada tahun 1992, Murad Ismail tercatat menjabat sebagai Kasat Sabhara Polres Gorontalo.

Kemudian pada tahun 2013, Murad Ismail diangkat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Maluku. Tidak lama berselang, di tahun yang sama Murad Ismail dipercayakan untuk menduduki posisi Kapolda Maluku.

Murad Ismail juga pernah menjabat sebagai Dankor Brimob Mabes Polri. Namun Ia memutuskan mundur dari kepolisian Republik Indonesia pada 12 Februari 2018.

Kemundurannya dari anggota Korps Bhayangkara tersebut karena pencalonannya dalam ajang Pilkada Maluku tahun 2018. Surat kemunduran Murad Ismail ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo melalui Keppres Nomor 9/Polri/Tahun 2018.

Profil Gubernur Maluku Murad Ismail

- Nama Lengkap: Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail
- Tempat/Tanggal Lahir: Ambon/11 September 1961
- Jenis Kelamin: Laki-laki
- Agama: Islam
- Nama Istri: Widya Pratiwi
- Jumlah Anak: 4 Orang

Jejak Karir Murad Ismail

- Danton KIE 5153 Polda Sulteng tahun 1985
- Kasubden Hartib Polda Sulteng tahun 1988
- Kasubag Bin Ops Reserse Polda Sulteng tahun 1989
- Kasat Sabhara Polres Gorontalo tahun 1992
- Danki Brimob 5154 Polda Maluku tahun 1994
- Kasat Brimob Polda Sumut tahun 2006
- Kasat Brimob Polda Metro Jaya tahun 2008
- Wakapolda Maluku tahun 2013
- Kapolda Maluku tahun 2013
- Dankor Brimob Mabes Polri tahun 2015
- Gubernur Maluku

Selain itu, Murad Ismail juga telah mengantongi sejumlah tanda jasa dari Negara. Diantaranya Satya Lencana Kesetiaan 24 Tahun, Satya Lencana Dharma Nusa, Satya Lencana Seroja, Satya Lencana Dwidja Sistha, Bintang Nararya, Bintang Karya Pratama dan Nararya Pratama.



Simak Video "Momen Gubernur Maluku Murad Ismail Tantang Pedemo Berkelahi"
[Gambas:Video 20detik]
(tau/hmw)