Dishub Sulsel Bantah Anggota DPR RI soal Teman Bus Proyek Mubazir

Tim detikSulsel - detikSulsel
Sabtu, 02 Jul 2022 09:00 WIB
Bus Trans Mamminasata di Makassar. (dok. Kemenhub)
Foto: Bus Trans Mamminasata di Makassar. (dok. Kemenhub)
Makassar -

Dinas Perhubungan (Dishub) Sulawesi Selatan (Sulsel) membantah pernyataan anggota komisi V DPR RI Muhammad Aras yang menyebut proyek Teman Bus Trans Mamminasata mubazir. Dishub Sulsel menyebut justru armada Teman Bus terus mengalami peningkatan penumpang.

"Ukurannya apa (menilai mubazir). Sementara kebutuhan (armada) Teman Bus untuk penumpang semakin meningkat," ungkap pelaksana harian (Plh) Kepala Dishub Sulsel Aruddini kepada detikSulsel, Jumat (1/7/2022).

Program buy the service (BTS) Kemenhub ini menurut Aruddini saat ini melayani 4 koridor. Dia mengklaim permintaan armada bus Trans Mamminasata meningkat. Terutama di koridor 1 yang melayani rute Pelabuhan Galesong Takalar-Mal Panakkukang Makassar.


"Ini sudah 70 ribu penumpang. Ini melayani Takalar-Makassar," tuturnya.

Aruddini menambahkan, armada Teman Bus diklaim sangat dinanti masyarakat Takalar. Armadanya dinilai membantu warga Takalar yang banyak juga beraktivitas di Makassar.

"Malah kalau Teman Bus ini ditarik, warga Takalar akan protes. Teman Bus sudah jadi kebutuhan karena membantu warga Takalar ke Makassar," tuturnya.

Diakui Aruddani, memang masih ada hambatan sejak armada Teman Bus Trans Mamminasata di Sulsel. Salah satunya masih kerap mendapat penolakan atau demo dari sopir pete-pete atau angkot di Makassar.

"Ini lantaran rute Teman Bus dianggap mengganggu trayek pete-pete yang selama ini sudah beroperasi. Terutama koridor 1 dan koridor 2," jelasnya.

Namun untuk koridor 1 disebut Aruddini tak ada lagi persoalan. Tersisa di koridor 2 yang melayani rute Mal Panakkukang Makassar-Bandara Internasional Sultan Hasanuddin yang masih kerap ada permasalahan dengan sopir angkot.

"Koridor 2 ini yang masih akan kita rundingkan. Sepanjang rute ini armada Teman Bus dilarang menaikkan dan menurunkan penumpang," tukasnya