Hari Bhayangkara 2022, Menilik Sejarah Lahirnya Kepolisian RI

Hari Bhayangkara 2022, Menilik Sejarah Lahirnya Kepolisian RI

Al Khoriah Etiek Nugraha - detikSulsel
Jumat, 01 Jul 2022 13:47 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di TMP Kalibata
Ilustrasi (Foto: dok. istimewa)
Makassar -

Hari Bhayangkara 2022 atau hari ulang tahun kepolisian diperingati setiap 1 Juli. Namun ternyata 1 Juli bukan hari lahir dari Kepolisian RI.

Menilik sejarah, lahir Kepolisian RI hampir bertepatan dengan proklamasi kemerdekaan. Dimana pada pada 19 Agustus 1945 Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada sidang hari kedua memasukkan Kepolisian dalam Lingkungan Departemen Dalam Negeri.

Melansir dokumen Sejarah Kepolisian Republik Indonesia yang disusun oleh Tim Pokja Lemdiklat Polri T.A. 2019, sejumlah pertimbangan menjadikan 1 Juli sebagai peringatan hari kepolisian atau Hari Bhayangkara 2022.


Penetapan 1 Juli Sebagai Hari Bhayangkara 2022

Diperingati sebagai Hari Bhayangkara 2022 ke-76, tanggal I Juli 1946 memiliki arti penting bagi kepolisian. Pasalnya pada tanggal tersebut Kepolisian beralih status menjadi Jawatan tersendiri langsung dibawah Perdana Menteri melalui Ketetapan Pemerintah Nomor 11.

Ketetapan pemerintah tersebut memperkuat kedudukan Kepolisian di Indonesia. Hal ini karena melalui ketetapan tersebut Kepolisian setingkat dengan Departemen dan kedudukan Kepala Kepolisian Negara (KKN) setingkat dengan Menteri.

Melalui penetapan tersebut diharapkan Polisi akan dapat berkembang lebih baik dan merintis hubungan vertikal sampai kecamatan-kecamatan.

Perubahan status dan harapan dalam penetapan tersebut dianggap penting oleh insan Kepolisian. Hal ini yang akhirnya ditetapkan 1 Juli 1946 sebagai hari ulang tahun Kepolisian, yang hari ini diperingati sebagai Hari Bhayangkara 2022 ke-76.

Hari Bhayangkara 2022, Kilas Balik Pasukan Elit Majapahit

Hari Bhayangkara 2022 menjadi hari penting yang diperingati kepolisian pada 1 Juli setiap tahunnya. Istilah Bhayangkara diambil dari nama pasukan elit pada masa kerajaan Majapahit.

Pasukan Bhayangkara terdiri atas 15 pengawal raja yang saat itu adalah Jayanegara. Pasukan elit tersebut dipimpin oleh Gajah Mada.



Simak Video "Sederet Fakta 2 Remaja Bunuh Bocah Demi Jual Organnya"
[Gambas:Video 20detik]