Hoegeng Awards 2022

Mengenal Kandidat Hoegeng Awards Ipda Purwanto, Perwira dari Keluarga Petani

Hermawan Mappiwali - detikSulsel
Minggu, 26 Jun 2022 14:34 WIB
Gowa -

Ipda Purwanto terpilih menjadi kandidat Hoegeng Awards 2022 atas dedikasinya membina kelompok tani di Desa Kanreapia, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Dedikasi tersebut diakui Ipda Purwanto karena dia juga lahir dari keluarga petani.

"Saya lahir dan besar di keluarga petani kecil, saya selalu di sawah selalu di ladang," ujar Ipda Purwanto saat berbincang dengan tim detikcom pekan lalu.

Ipda Purwanto merupakan pria kelahiran Magelang, Jawa Tengah. Sosok Purwanto kecil adalah pria yang mendapat tempaan dari seorang ayah yang berwatak keras dan disiplin.


"(Almarhum) bapak saya itu keras dan disiplin, tidak pandang bulu, kamu harus bekerja kamu jangan malu, kamu harus tekun itu (pesan) bapak saya," kata Purwanto.

Di sela-sela aktivitas bertani, Purwanto kecil juga diajarkan bagaimana cara membuat pupuk. Ipda Purwanto mengaku tidak mengetahui apa nama pupuk yang dibuat ayahnya itu.

"Di saat waktu tertentu bapak saya mengajarkan tentang bagaimana bikin pupuk, dulu tidak tahu itu pupuk apa yang jelasnya ramuan saja," katanya.

Saat beranjak remaja, kehidupan Purwanto juga penuh perjuangan. Setiap hari ia harus berangkat ke sekolah sejauh 10 kilometer dengan naik sepeda.

"Seperti itu kehidupan saya. Saya sekolah besar di Kutoarjo, Purworejo, Jawa Tengah. Setiap hari saya sekolah naik sepeda 10 kilo PP begitu seterusnya sampai tamat SMA," katanya.

Satu cerita yang dikenang Ipda Purwanto adalah dia selalu membonceng adiknya yang masih duduk di bangku SMP. Hal itu berlaku setiap hari bagi mereka.

"Jadi kalau adik saya pulang duluan, maka dia tunggu saya pulang. Kalau saya pulang duluan, maka saya tunggu adik saya di depan sekolahnya," tuturnya.

"Jadi dulu kalau hujan maka kami sama-sama kehujanan pulang ke rumah," sambung Ipda Purwanto.

Ipda Purwanto juga mengenang soal kondisi rumahnya yang belum ada aliran listrik pada saat itu. Suatu ketika tetangga memberikan sambungan listrik namun hanya cukup untuk satu lampu.

"Jadi almarhum bapak saya meminta lampu satu-satunya itu (disimpan) di ruangan saya bisa belajar. Jadi dia tidak mau lampu itu disimpan di kamar atau dalam dapur, dia selalu bilang 'pokoknya kamu harus belajar," ujarnya.

Ipda Purwanto nominator Hoegeng Awards 2022 dari Brimob Polda Sulawesi Selatan (Sulsel).Foto: Ipda Purwanto nominator Hoegeng Awards 2022 dari Brimob Polda Sulawesi Selatan (Sulsel).

Setelah tamat SMA, Ipda Purwanto lantas berangkat ke Makassar untuk mendaftar anggota Brimob Polda Sulsel. Saat menjadi polisi, dia juga menyempurnakan bekal kemampuan membuat pupuk seperti yang diajarkan almarhum ayahnya dulu.

Hingga pada tahun 2016 silam, Ipda Purwanto secara tak sengaja bertemu dengan seorang ketua kelompok tani dari Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Gowa. Ipda Purwanto mengaku tak pernah lupa dengan asal-usul keluarganya, maka dia pun membantu para petani di desa tersebut untuk memaksimalkan pertanian sayur-mayur mereka dengan cara memberikan secara gratis pupuk cair buatannya dan memberikan penyuluhan secara langsung.

"Bapak saya asli Magelang, Magelang itu daerah dingin, daerah yang saya bina di Kabupaten Gowa Kecamatan Tombolo Pao-Tinggi Moncong persis daerahnya almarhum bapak saya, dingin," katanya.

(hmw/nvl)