Sulawesi Utara

Detik-detik Abrasi di Sulut Bikin Jembatan Ambruk-10 Rumah Hanyut

Trisno Mais - detikSulsel
Rabu, 15 Jun 2022 18:52 WIB
Jembatan di Minahasa Selatan ambruk dan 10 rumah ikut hanyut ke laut (Dok. Istimewa).
Foto: Jembatan di Minahasa Selatan ambruk dan 10 rumah ikut hanyut ke laut (Dok. Istimewa).
Minahasa Selatan -

Abrasi air laut sepanjang 75 meter di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara (Sulut) menyebabkan jembatan ambruk dan 10 unit rumah warga hanyut ke lautan. Seorang nelayan bernama Robet (60) mengungkap detik-detik abrasi tersebut.

Robet mengatakan abrasi dimulai dengan peristiwa pinggiran jalan poros terkikis secara perlahan. Selanjutnya tiang pembatas jalan ikut jatuh ke laut.

"Jalan di sekitar lokasi itu jatuh ke pantai. Kemudian disusul tiang pembatas jalan. Namun lebih dulu jatuh dari posisi jalan bagian kiri," ujar Robet kepada detikcom di lokasi.


Selanjutnya abrasi juga mulai menyebabkan tiang listrik ikut jatuh. Kemudian jembatan penghubung antarkelurahan di lokasi juga ikut jatuh, namun digambarkan oleh Robet ambruknya jembatan ini terjadi secara perlahan.

"Setelah itu, listrik ikut jatuh. Kemudian jembatan jatuh. Tapi posisi jembatan ambruk itu tidak langsung jatuh di air," katanya.

Robet yang menyaksikan peristiwa itu segera menyelamatkan sejumlah peralatannya, seperti perahu dan alat pancing. Selanjutnya dia segera menjauh dari bibir pantai menggunakan perahu miliknya.

"Saat itu saya sempat mengamankan peralatan nelayan, perahu dan jaring penangkap ikan yang ada di atas perahu," katanya.

"Saya bawa dari lokasi dekat jembatan saya bawa sekitar 30 meter dari jembatan. Semuanya saya bawa," imbuhnya.

Abrasi sebabkan jembatan ambruk, 10 rumah, 3 penginapan dan 2 kafe hanyut di Minahasa Selatan, Sulut (detikcom./Trisno Mais).Foto: Abrasi sebabkan jembatan ambruk, 10 rumah, 3 penginapan dan 2 kafe hanyut di Minahasa Selatan, Sulut (detikcom./Trisno Mais).

Namun sebelum benar-benar menjauh, Robet juga mengaku sempat menyaksikan ada sebuah mobil yang melaju di atas jembatan yang sedang ambruk perlahan sehingga nyaris ikut terjatuh ke laut. Beruntung pengemudi mobil itu segera memacu kendaraannya.

"Sebelum itu saya lihat ada mobil yang lewat nyaris tercebur di air laut karena ambruknya jembatan. Hanya saja pemobil menancap gas sehingga tidak terjadi kecelakaan," katanya.

Seperti diketahui, abrasi ini mengikis pinggiran tanah di bibir pantai sepanjang 75 meter dan mengakibatkan 10 unit rumah warga hanyut. Selanjutnya dilaporkan pula 3 penginapan dan 2 kafe yang ikut tercebur ke laut.

Abrasi air laut ini terjadi di Kelurahan Bitung, Kecamatan Amurang, Minahasa Selatan, sekitar pukul 14.30 Wita siang tadi. Sejauh ini tak ada laporan korban jiwa di lokasi.



Simak Video "Video Horor Abrasi di Minahasa, Rumah Hanyut-Jembatan Roboh"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)