Papua

Balita Terlempar saat Helikopter Mendarat Darurat di Mimika Ditemukan Tewas

Hermawan Mappiwali - detikSulsel
Kamis, 09 Jun 2022 15:02 WIB
Evakuasi korban helikopter mendarat darurat di Mimika, Papua (Dok. Istimewa).
Foto: Evakuasi korban helikopter mendarat darurat di Mimika, Papua (Dok. Istimewa).
Mimika -

Balita yang terlempar saat helikopter mendarat darurat di Mimika, Papua ditemukan tewas. Jenazah korban kini dievakuasi ke RSUD Mimika.

"Adapun identitas korban Fidelis, laki-laki umur 5 tahun meninggal dunia," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustofa Kamal dalam keterangannya, Kamis (9/6/2022).

Jenazah Fidelis ditemukan di sekitar lokasi helikopter mendarat darurat dan mengalami crash di antara Distrik Jila dan wilayah Timika, Papua sekitar pukul 13.10 WIT. Korban ditemukan tim gabungan yang memulai pencarian sejak pukul 08.12 WIT pagi tadi.


"Pukul 13.10 WIT, mendapat informasi dari tim gabungan yang mencari bahwa korban telah ditemukan," katanya.

Kombes Kamal mengatakan sebuah helikopter milik TNI Angkatan Udara diterbangkan untuk menjemput korban dan tim gabungan pada pukul 14.00 WIT. Selanjutnya korban dan tim gabungan dibawa dan tiba di Lanud Yohanis Kapyau pukul 15.13 WIT.

"Selanjutnya korban dipindahkan (dari helikopter) ke mobil Ambulance milik RSUD Mimika," kata Kamal.

Sebelumnya diberitakan, sebuah helikopter yang difungsikan sebagai Puskesmas Keliling Pemkab Mimika awalnya menjemput ibu hamil bersama keluarganya, termasuk korban di Distrik Jila, Rabu (8/6).

Selanjutnya helikopter berangkat ke Timika karena ibu hamil tersebut akan melahirkan. Namun rombongan korban tak kunjung tiba sehingga pihak Puskesmas Mimika melaporkan helikopter hilang kontak.

Tim SAR yang mendapat laporan tersebut langsung melakukan pencarian bersama Polres Mimika, Kodim, dan Angkatan Udara. Sedikitnya 3 unit helikopter mencari korban.

Petugas akhirnya menemukan helikopter Puskesmas Keliling tersebut di antara pepohonan akibat melakukan pendaratan darurat. Selanjutnya petugas melakukan evakuasi terhadap 10 penumpang selamat, sementara balita Fidelis dinyatakan hilang lantaran terlempar saat helikopter mendarat darurat.



Simak Video "Pesawat Latih Mendarat Darurat di Banyuwangi, Pilot-Penumpang Selamat"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)