Alasan Sejoli Bocah di Wajo Dinikahkan, Keluarga Takut Zina

Agung Pramono - detikSulsel
Senin, 23 Mei 2022 13:29 WIB
Viral pernikahan bocah di Wajo, Sulawesi Selatan (Dok. Istimewa)
Foto: Viral pernikahan bocah di Wajo, Sulawesi Selatan (Dok. Istimewa)
Wajo -

Pernikahan sejoli bocah di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel) menuai sorotan usai viral di media sosial. Pihak keluarga disebut kekeh menikahkan keduanya dengan alasan takut zina.

"Alasannya menghindari perzinahan," ujar Sekretaris Kelurahan Wiring Palannae, Wajo, Patimah kepada detikSulsel, Senin (23/5/2022).

Kedua mempelai bernama Nikma Sari Saskia (16) dan Muh Ferdi (15) memang menjalin hubungan pacaran. Hal inilah yang membuat keluarga kekeh menikahkan keduanya, terutama karena Ferdi dan Nikma juga memiliki hubungan keluarga.


"Orang tuanya bilang, keduanya sudah lama pacaran dan satu sekolah. Mau mi diapa (apa boleh buat) jangan sampai bikin malu (berzina-hamil)," ujar Patimah.

Kendati Ferdi dan Nikma masih berstatus anak, pihak keluarga enggan mengambil risiko.

"Orang tuanya takut terjadi apa-apa, makanya dilakukan mi nikah siri, barusan ka sampai ini dari rumah perempuan dan laki-laki," kata Patimah.

Sebelumnya diberitakan, Nikma dan Muh Ferdi masing-masing duduk di bangku kelas 3 dan kelas 2 SMP. Keduanya melangsungkan pernikahan di Pallae, Kelurahan Wiring Palannae, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo pada Minggu (22/5) kemarin.

Keluarga mengungkap kedua bocah memang dijodohkan. Kedua bocah juga masih memiliki hubungan sebagai keluarga dan juga bertetangga rumah.

"Keduanya dijodohkan dan merupakan satu kampung. Jarak rumahnya hanya 1 Km dan juga masih memiliki hubungan keluarga," kata pihak keluarga mempelai wanita, Aris kepada detikSulsel, Senin (23/5).



Simak Video "Angka Penikahan Dini Selama Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/sar)