Kalimantan Timur

5 Fakta Kilang Pertamina di Balikpapan Terbakar Berujung Pekerja Tewas

Tim detikSulsel - detikSulsel
Senin, 16 Mei 2022 07:00 WIB
Kilang minyak milik Pertamina di Balikpapan terbakar.
Foto: Kilang Pertamina di Balikpapan terbakar. (dok. istimewa)
Balikpapan -

Kebakaran melanda kilang Pertamina di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). Ini menyebabkan 5 pekerja dilarikan ke RS dan seorang lainnya ditemukan meninggal dunia.

Kebakaran terjadi di Plant 5 Kilang Pertamina Balikpapan pada Minggu (15/5) pukul 11.31 Wita. Kebakaran dipastikan tak mengganggu suplai BBM ke masyarakat.

Dirangkum detikcom, Senin (16/5/2022), berikut 5 fakta kilang Pertamina terbakar;


1. Kebakaran Bermula dari Plant 5

Kebakaran kilang Pertamina terungkap berawal dari area Plant 5. Kebakaran ini dapat dicegah hingga tak meluas ke area lainnya.

Plant 5 merupakan area yang menghasilkan bahan baku gasoline, dan untuk memenuhi kebutuhan produksi bahan baku akan dilakukan pengoptimalan stok di tangki dan pengaturan produksi di kilang Balikpapan.

"Tim Pemadam di Kilang Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional telah berhasil melakukan pengendalian api yang muncul di plant 5," ungkap Manager Comm Rel & CSR Refinery Unit VI Balikpapan PT Kilang Pertamina Internasional Ely Chandra kepada detikcom, Minggu (15/5/2022).

2. Penyebab Kebakaran Diselidiki

Meskipun api kebakaran terungkap berawal dari Plant 5, pihak terkait tak dapat mengidentifikasi penyebab kebakaran. Pertamina menyebut penyebab kebakaran masih diselidiki.

"Masih dilakukan penyelidikan oleh tim Investigasi," tutur Ely.

Hal serupa juga diutarakan Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo. Dia mengatakan pihaknya sama sekali belum mengidentifikasi penyebab kebakaran ini.

"Kami saat ini masih melakukan penyelidikan gabungan Pertamina dan kepolisian," cetusnya.

3. Lima Pekerja Dilarikan ke RS

Akibat insiden ini, sedikitnya lima pekerja yang dilarikan ke rumah sakit. Tiga di antaranya menderita luka bakar.

"Terdapat tiga orang luka bakar yang merupakan pekerja Pertamina dan saat ini tengah dilakukan upaya perawatan maksimal di RS Pertamina Balikpapan," kata Ely.

Sementara dua pekerja lainnya terpapar hawa panas kebakaran. Namun kondisi keduanya dipastikan membaik.

"Dua orang korban yang terpapar panas yang merupakan pekerja dari kontraktor telah selesai perawatan di klinik dan telah kembali ke rumah masing-masing," terangnya.

4. Pekerja Terjebak hingga Ditemukan Tewas

Selain lima pekerja yang dinyatakan selamat, petugas juga melaporkan seorang pekerja ditemukan meninggal. Korban yang tidak disebutkan identitasnya itu awalnya dicurigai terjebak.

"Satu orang masih dalam pencarian apakah sudah meninggalkan lokasi atau terjebak di TKP, dan langkah yang di ambil sterilisasi lokasi dan menutup akses masuk kecuali petugas dan pengamanan jalur depan TKP," ujar Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo.

Belakangan diketahui, korban yang terjebak itu ditemukan meninggal dunia. Hal ini turut dikonfirmasi pihak Pertamina.

"Satu orang lagi tidak berhasil diselamatkan merupakan pekerja kontraktor," kata Ely Chandra dalam wawancara terpisah.

5. Pertamina Pastikan Suplai BBM Tak Terganggu

Kendati ada insiden kebakaran, Pertamina berjanji suplai BBM tak terganggu. Dia mengatakan pihaknya terus melakukan pemulihan.

"Saat ini tim internal terus melakukan upaya recovery operasional Kilang Balikpapan agar segera kembali beroperasi maksimal," kata Ely.

Menurut Ely, pihaknya saat ini sedang melakukan pengalihan suplai BBM. Hal ini tengah dikoordinasikan pihak Pertamina.

"Untuk sementara waktu, alih suplai sedang disiapkan, berkoordinasi dengan Pertamina Group untuk memastikan tidak adanya gangguan dalam suplai BBM kepada masyarakat," imbuhnya.



Simak Video "Kilang Minyak Pertamina Terbakar 3 Kali Selama 2021, Berikut Catatannya"
[Gambas:Video 20detik]
(hmw/nvl)