Sulawesi Barat

Pasien Suspek Hepatitis Misterius Asal Sulbar Sempat Didiagnosis Dispepsia

Abdy Febriady - detikSulsel
Sabtu, 14 Mei 2022 00:45 WIB
The word Hepatitis is written on wooden blocks next to tablets on a blue background. Medical concept
Ilustrasi hepatitis misterius. Foto: Getty Images/iStockphoto/ALENA DZIHILEVICH
Polewali Mandar -

Pasien suspek hepatitis misterius asal Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo (RSWS) Makassar. Anak usia 9 tahun itu sebelumnya didiagnosis dispepsia atau nyeri lambung.

Anak tersebut dirawat di RSWS sejak Minggu (8/5). Sebelum itu, dia dirawat di RSUD Polewali saat libur Lebaran 2022 lalu.

"Masuk di RSUD Polewali saat libur Lebaran, tidak melalui PKM (puskesmas), dirawat beberapa hari di RS dengan diagnosa dyspepsia," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Polewali Mandar, Andi Suaib Nawawi kepada wartawan, Jumat (13/5/2022).


Selama menjalani perawatan di RSUD Polewali, kondisi kesehatan anak suspek hepatitis misterius itu belum membaik. Tak lama kemudian muncul gejala ikterius atau mata kuning.

"Sehingga dokter anak RSUD (Polewali) merujuk (pasien) ke RSWS pada hari Minggu dengan diagnosa hepatitis plus dyspepsia," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang anak berusia 9 tahun asal Polman suspek hepatitis misterius. Pasien anak yang kini tengah dirawat di RSWS Makassar tersebut memiliki salah satu gejala penyakit menular akut itu, yakni mata kuning.

"Ini ada (gejala mata kuning) cuma belum sesuai masuk dengan kriteria apa yang katakan hepatitis B, atau yang katakan serius, tidak begitu. Sementara dilacak penyebabnya," ucap Spesialis Anak RSWS Makassar, dr Setia Budi kepada detikSulsel, Jumat (13/5).

Dari hasil diagnosis yang didapatkan sejak dirawat, pasien terkonfirmasi mengidap tifus dan rubella. Namun, pihaknya masih akan melakukan beberapa tes untuk mendapatkan hasil yang meyakinkan.

"Ada tifus (demam tifoid) ada rubella tapi masih dilakukan tes dengan peralatan canggih betulkah rubella, betulkah tifus (demam tifoid)," ungkap Budi.



Simak Video "Dua Dugaan Penyebab Hepatitis Akut Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(asm/sar)